www.yukpiknik.com

LINGKARMALANG – Di dinginnya kota malang yag sekarang mulai ada fenomena macet dan banjir seperti kebanyakan kota lainnya ada sebuah museum yang bernama museum Mpu Purwa. Museum yang berada di kompleks perumahan griya santa ini menyimpan banyak arca dari zaman pra sejarah sampai zaman kerajaan yang berkembang di sekitar malang. Museum plat merah yang diresmikan tahun 2001 ini tidak seperti kebanyakan museum yang di bangun degan konsep baru. Museum ini seperti di khususkan menjadi museum batu yang menyimpan banyak arca dari masa sebelum adanya peradaban sampai jaman kerajaan.

Awalnya museum ini didirikan untuk balai penyelamatan benda-benda sejarah. Awalnya depdikbud kota malang menitipkan beberapa benda sejarah yang berupa arca-arca di taman rekreasi sena putra selanjutnya di rumah makan cahyaningrat. Di tahun 2000 mulai ada focus dari pemerintah kota untuk menyelamatkan arca-arca yang memiliki nilai sejarah dalam peradaban kota malang dengan memberikan tempat khusus di perpustakaan kota malang. Di tahun 2001 pemerintah kota malang mulai ada ke inginan untuk memamerkan koleksinya. Beberapa arca yang sebelumnya hanya di simpan kemudian dipindahkan  ke kompleks perumahan griya santa. dan mulailah menjadi museum yang sebenarnya seperti museum-museum lainnya.

Untuk menuju ke museum ini sangat mudah di akses. Karena letaknya ditengah kota yaitu di jl. Soekarno hatta yang dekat dengan kawasan pendidikan dan kawasan wisata kuliner malam menjadikan museum yang satu ini sangat recommended untuk dikunjungi. Kabar gembiranya lagi bagi kalian yang ingin belajar sejarah di museum ini tidak di pungut biaya, alias tiket masuknya gratis. Jika anda beruntung anda dapat menemui bapak-bapak perwat arca dan dapat belajar merawat arca yang berusia ratusan hingga ribuan tahun ini.