Lingkarmalang.com, Pantai Taman Ayu –Pantai ini terletak di Desa Tumpak Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Lokasinya berada di rangkaian pantai-pantai di pesisir selatan. Tepatnya, Pantai Taman Ayu ini berada satu kompleks dengan Pantai Nganteb, jadi dalam sekali tuju anda dapat menikmati dua pantai sekaligus. Untuk menuju Taman Ayu anda harus mengambil jalan ke kanan setelah pintu masuk ke Pantai Nganteb. Untuk menuju ke pantai ini kalian bias menggunakan GPS karena lokasi pantai ini sudah terdaftar di google. Harga tiket masuk pada Februari 2018 adalah 15.000 per orang, Motor 10.000, Mobil sekitar 15.000/20.000.

Pantai Taman Ayu ini adalah salah satu tempat yang cocok untuk menikmati sunset, jadi bagi kalian penggemar sunset pastikan untuk mengunjungi tempat ini ketika kalian berkunjung ke Malang. Pantai ini memilik pasir kecoklatan yang bersih di sepanjang pantai dan tidak ada bebatuan/ karang di pantai ini, sehingga kalian dapat bermain dan berlarian di pantai ini dengan aman. Namun bagi kalian yang hobi berenang disarankan bahkan dilarang berenang di pantai ini karena ombaknya yang besar sebagaimana pantai selatan.Pantai Taman Ayu tergolong pantai yang sepi pengunjung meskipun pada waktu weekend, sangat cocok untuk kalian yang menyukai kesunyian saat berlibur.

Bagi kalian para penggemar fotografi landscape, pantai ini merupakan pantai yang bagus untuk foto landscape karena memiliki formasi bebatuan yang bagus di sebelah kanan pantai. Untuk menuju kesana kalian harus menaiki bebatuan yang ada di sebelah kanan (barat) pantai. Pastikan menggunakan sandal/sepatu dengan sol tebal karena bebatuan disini cukup tajam. Posisi bebatuan ini sangat cocok untuk diabadikan ketika matahari tenggelam. Berhati-hatilah ketika kembali ke pantai ketika sunset telah usai karena air mungkin saja akan pasang dan mencapai bibir pantai.

Fasilitas umum yang ada di pantai ini terhitung cukup lengkap, mulai dari warung, toilet, gazebo, bahkan ada beberapa penjual bakso/cilok yang singgah di tempat ini. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan sampah dan membuang sampah di tempatnya kawan.

Artikel dari Aswin Rizky Wardhana
[email protected]