widyaps.files.wordpress.com

Liburan tak melulu untuk ketawa ketiwi dan pulang tidak membawa ilmu. Setidaknya itulah yang lingkarmalang sarankan untuk para traveler yang ingin weekendnya bermanfaat. Kali ini lingkarmalang mengajak para pembaca untuk menyusuri lika liku perjalanan Ong Hok Liong. Namanya asing di dengar namun pabrik yang dibangunnya namanya cukup terkenal. Ya pemilik pabrik rokok dengan nama dagang bentoel ini memang terdengar asing di telinga ketimbang para konglomerat lainnya. Namun jika kita lihat sejarah hidupnya yang memiliki volatilitas yang cukup ekstrim ini akan memberikan banyak pelajaran berharga.

Anda bisa mengunjungi museum bentoel yang terletak di jl. Wiromargo No 32 malang. Untuk melihat-lihat koleksi museum yang terkenal dengan nama museum bentoel ini anda tidak dikenakan biaya. Dengan konsep rumah Ong Hok Liong yang jauh dari kesan museum ini anda dapat belajar banyak tentang jalan hidup Ong dalam membangun perusahaan dan juga dapat belajar banyak tentang sejarah tembakau. Tak berhenti disitu saja di sini juga ada iklan rokok jadul yang lumrah anda lihat pada waktu kecil. Dan juga tak mau ketinggalan bungkus rokok yang di produksi PT. Bentoel mulai awal sampai sekarang pun di pajang dalam etalase yang bersih dan jauh dari kesan jorok. Namun jangan kaget jika anda melihat beberapa merk dagang dengan nama-nama bunga yang sempat booming di tahun 1990an. Beberapa merk tersebut adalah merk yang sempat di produksi oleh perusahaan yang kini sudah menjadi raksasa rokok di Indonesia ini.

Jika para pembaca berminat untuk mengunjungi museum ini dapat langsung menuju jl. Wiromargo yang terletak tidak jauh dari alun-alun. Jangan heran jika museum ini terkesan tertutup dan seperti milik pribadi. Hal ini memang dimaksutkan agar museum tetap terjaga bersih dan jauh dari kesan jorok. Namun museum ini tetap dapat dikunjungi oleh masyarakat umum seperti halnya museum lain. Jika anda berkunjung dapat langusung menuju kepos penjagaan satpam sebagai ganti loketnya.