Lingkarmalang.com, Kampus Tua Kota Malang – Malang memiliki julukan kota pendidikan, tak jarang para perantau yang bertujuan untuk menimba ilmu datang di musim ajaran baru. Bahkan dapat diklaim bahwa malang sudah lama menjadi kota pendidikan. Sejak berdirinya Universitas Negeri Malang (UM), lambat laun Malang menjadi tempat bercokolnya universitas negeri maupun swasta.

UM yang dapat dikatakan cikal bakal julukan Malang sebagai kota pendidikan mulai berdiri pada tahun 1954. Berdasarkan surat keputusan yang di keluarkan Moh. Yamin yang saat itu menjabat Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan tertanggal 1 September 1954, Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Malang mulai beroperasi meminjam gedung SMA Tugu (sekarang menjadi SMAN 1, AMAN 3, dan SMAN 4).

Pada awal pendiriannya PTPG Malang hanya memiliki 5 jurusan. Setelah setahun meminjam gedung SMA  Tugu, PTPG mulai memiliki gedung sendiri di pojokan Jl. Tumapel depan Hotel Splendid Inn. Saat ini gedung itu bernama wisma Tumapel. Saat beroperasi di sana dapat dikatakan PTPG Malang mulai berkembang pesat. Seperti beberapa kebijakan yang acap kali dinamis, berdasarkan peraturan pemerintah tahun 1958 PTPG Malang harus rela bergabung dengan Universitas Airlangga dan mengganti status menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unair.

Pada tahun tersebut pula atas inovasi pak Sarjono yang saat itu menjabat sebagai Walikota Malang, memindahkan ke Jl. Semarang. Meskipun sebatas fakultas FKIP Unair tetap menjaga eksistensinya dengan berbagi ilmu dan bekerjasama dengan universitas lain. Hal itu terjadi pada tahun 1963, sebagai instruksi dari keputusan Menteri pendidikan. Setahun setelahnya mulai ada masukan bahwa FKIP Unair sudah saatnya lepas dari Unair dan berdiri sendiri dengan nama IKIP Malang.

Tepat pada tahun 1999 IKIP Malang mengganti nama lagi dan sampai dipakai sampai saat ini dengan nama Universitas Negeri Malang. Beberapa kerjasama semasa bernama FKIP Unair diserahkan kepada induk universitas saat kerjasama itu terjadi. Sampai saat ini Universitas Negeri Malang sudah memiliki beberapa fakultas yang memang difokuskan kepada ilmu keguruan.