Lingkarmalang.com, Ledok Ombo Poncokusumo – Ledok berarti cerukan sedangkan Ombo berarti luas. Jadi jika digabungkan Ledok Ombo sendiri berarti cerukan yang luas. Seakan menjadi cerukan yang memiliki ekosistem sendiri. Di cerukan ini dapat ditemukan beberapa tanaman hijau. Mungkin karena cerukan ini menjadi tempat berkumpulnya air. Jadi ledok ini terlihat lebih hijau dengan rumput-rumput yang tumbuh subur. Selain rentetan rumput hijau yang menghiasi Ledok Ombo ada pula pohon pinus yang menjadi satu area disini.

Maka dari itu sangat asyik jika anda berkemah disini. Seperti yang Lingkar Malang sebutkan pada artikel 4 tempat camping di Malang. Begitu pula tidak melulu tempat camping yang berlatar hamparan rumput hijau. Adapula tempat camp di hutan pinus yang saya sebut di awal tadi. Ada juga track bersepeda extreme dan rentetan objek foto selfie yang sering menjadi latar foto instagramer. Jadi banyak sekali pilihan aktifitas yang dapat di lakukan di Ledok Ombo. Tak hanya berkemah dengan fasilitas AC alami khas Kecamatan Poncokusumo, tapi juga dapat sekedar berkunjung untuk berswafoto atau mencoba track sepeda extreme yang tidak sampai memakan waktu satu hari full.

Berbicara tentang berkemah rasanya masih ada yang kurang jika tidak membahas tentang fasilitas yang disediakan pihak pengelola. Di camp area yang dapat di berikan cap instagramable ini fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Toilet sekaligus kamar mandi juga ada disini. Jika anda membutuhkan pancaran kehangatan dari segelas kopi disini pula ada warung kopi yang buka sampai pukul 9 malam. Atau jika anda berangkat dengan sanak famili juga bisa me-njajal outbound yang disediakan pihak pengelola.

Tips untuk anda yang ingin mengunjungi tempat ini yaitu siapkan jaket anda. Karena Kecamatan Poncokusumo berada di kaki gunung yang suhunya pasti dingin. Dan jika anda berkemah hendaknya siapkan sleeping bag agar anda tidur nyaman saat malam hari. Agaknya untuk membawa hammock juga bisa, dengan adanya beberapa pohon pinus dapat menjadi tambatan hammock yang anda bawa. Terakhir jangan lupa buang sampah pada tempatnya, karena sangat sayang jika camp ground keren ini menjadi kumuh karena sampah.