Gimbal Alas Indonesia

Komunitas Gimbal Alas 3676 mdpl merupakan  komunitas silaturahmi, sebagai wujud metamorfosa persahabatan yang terjalin lebih dari dua dasa warsa yang lalu, ketika para membernya yang rata-rata saat itu masih berstatus sebagai mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Kota Malang. Semuanya berawal dari pertemenan dengan adanya persamaan hobi dan persepsi, dalam pelaksanaan aktivitas di lapngan dalam lingkup dunia petualangan dan pecinta alam dan sosial dengan skup Jawa Timur.

Pada era 1980-1990, saat sering ada kegiatan operasi SAR karena ada pendaki yang tersesat atau hilang di Kawasan Gunung Semeru, serta gunung-gunung lainnya di Seputar Jawa Timur atau saat ada “ emergency rescue “.  Kami sering bertemu di lapangan, saat ada kegiatan operasi pencarian yang terjadi pada saat itu, dari situlah jalinan persuadaraan itu terjalin hingga kini.

Merlalui momen tersebut, para penggiat alam bebas, organisasi pencinta alam dan pemerhati lingkungan, terutama yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA), terutama dari kampus yang ada di Kota Malang, Surabaya dan Jember. Mereka bertemu dan bersinergi melakukan aktivitas bersama di lapangan.

Tercatat bila ada situasi emergency dan bencana, Gimbal Alas 3.676 mdpl selalu hadir guna membantu meringankan beban dengan melakukan kegiatan evakuasi, pengumpulan dan penyaluran dana bantuan, membentuk posko pengelolaan pengurangan resiko pasca bencana, kegiatan tersebut antara lain :

  1. Evakuasi korban bencana tsunami Aceh 1996,
  2. Penyaluran bantuan untuk korban Erupsi Kelud, 2010.
  3. Erupsi gunung Kelud, 2010, Erupsi Kelud, 2013,
  4. Kegiatan Searc and Rescue pendaki yang hilang di seputaran Wilayah Jawa Timur maupun diluar Jawa Timur.

Di samping hal tersebut, sejak kira-kira tahun 1990, kami sudah dilibatkan, oleh pihak pengelola Konservasi wilayah Bromo-Tengger-Semeru yang saat itu statusnya masih transisi dan belum menjadi  sebuah Taman Nasional, kerja sama tersebut berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya, walaupun masih belum menjadi agenda rutin bagi komunitas ini, karena kesibukan masing-masing dari para membernya.

Berangkat dari persamaan misi dan visi tersebut, para member sepakat  Komunitas Gimbal Alas yang nir laba ini menjadi wadah yang terus berkembang sebagai wahana bertukar pikiran dan bertukar informasi, serta menjadi ajang belajar bersama bagi para anggotanya, serta para simpatisan yang memiliki minat dan kepedulian yang sama, khususnya minat dan kepedulian terhadap kawasan Gunung Semeru 3.676 mdpl.

Kesimpulannya bahwa keberadaan komunitas ini merupakan wujud kepedulian tanggung jawab kami sebagai “ Para Gimbal Alas 3676 mdpl “, guna ikut meciptakan kelestarian lingkungan, kelestarian adat-istiadat dan budaya, tanggap sosial, terhadap Gunung Semeru 3676 mdpl sebagai sebuah kawasan konservasi yang harus dijaga dan dilindungi secara berkelanjutan.

Tulisan : Gimbal Alas Indonesia