LINGKARMALANG – Kalau bicara air terjun dimalang merupakan gudangnya air terjun, mulai dari air terjun dengan konsep wisata keluarga yang hanya jalan sedikit dan sampai seperti air terjun coban rondo. Namun tak jarang juga ada air terjun yang butuh pengorbanan untuk mencapainya seperti air terjun coban jahe. Kali ini lingkar malang akan memberikan sedikit referensi wisata bagi nawak-nawak lingkar malang yang ingin berwisata air terjun yang memerlukan sedikit usaha ntuk menikmatinya. Yaitu air terjun coban jahe.
Kebanyakan air terjun dimalang terletak di Kota Wisata Batu atau kalaupun ada di daerah yang tidak jauh dari batu, seperti Pujon dan sekitarnya. Namun lain halnya dengan coban jahe yang terletak sangat jauh dari batu. Tepatnya di dusun pandansari lor desa begawan kecamatan Jabung kabupaten Malang, karena letaknya di desa Begawan tak jarang masyarakat sekitar menyebutnya sebagai coban Begawan.

Sedikit ulasan untuk coban yang memiliki nama seperti rempah-rempah ini. Jangan salah tafsir dulu, nama jahe bukan diambil dari nama rempah-rempah. Namun di ambil dari kata pejahe (matinya dalam bahasa jawa). Konon ada cerita heroik sekelompok tentara pejuang yang dikomandoi Ali Mustopo yang di kepung dan di bunuh oleh pasukan belanda. Maka dari itu nama jahe di sematkan pada nama coban tersebut.

Di air terjun yang memiliki ketinggian 45 meter ini para pengunjung kan dimanjakan dengan suasana alam yang kental dengan udara sejuknya. Lain halnya dengan air terjun yang ada di Kota Batu, air terjun coban jahe jauh dari kesan udara dingin karena memang terletak di dataran rendah. Selain itu di coban jahe ini juga terdapat tanah kosong yang sangat memungkinkan bagi anda untuk sekedar camping di tanah kosong tersebut. (Pungkas.P)