Berada di dataran tinggi yang bersuhu dingin membuat berbagai macam bunga dapat tumbuh subur di Kota Batu Malang, Jawa Timur. Mulai dari mawar, melati semuanya indah (eh itu kan lagu lihat kebunku). Tapi memang benar sih beberapa area persawahan dan kebun di kota Batu dijadikan lahan untuk menanam bunga.

Sumber Foto (tokinem.83@gmail.com)
Sumber Foto ([email protected])

Seperti Suja’i salah satu petani bunga di kawasan desa Ngaglik kota Batu ini. Pagi itu di area persawahan miliknya, dia sedang memanen bunga Aster Pikok yang sudah ditanam tiga bulan sebelumnya. Ada tiga jenis bunga aster pikok yang ditanamnya. Antara lain; Aster Pikok putih, ungu dan merah muda. Bunga pikok sering digunakan sebagai dekorasi untuk pesta pernikahan atau buket bunga yang berisi dari beberapa jenis bunga.

Harga satu ikat bunga Aster Pikok dijual ke tengkulak sebesar 10ribu rupiah. “Cuma saya tidak tau dari tengkulaknya dijual ke konsumen dengan harga berapa” ungkap pria 60tahun ini. Jika sudah masuk masa panen, dalam satu minggu bunga aster pikok ini bisa dipanen hingga dua kali dalam seminggu. Kelebihan bunga aster pikok ini adalah tidak mudah layu. “Tiga hari pun bunga pikok ini masih terlihat segar mas” ungkap pak Suja’i mengakhiri obrolan pagi yang indah itu.([email protected])