“jangan lupa ya oleh-olehnya” biasanya itu yang diucapkan seorang kawan bila mereka mendengar kita akan berlibur atau pergi ke suatu tempat di luar kota. Masing- masing daerah punya ciri khas baik itu berupa kain, souvernir, hiasan dan pastinya jajanan atau kuliner untuk dijadikan oleh-oleh. Begitupun juga dengan Kota Malang.

keripik-tempe-malangan-tempe-keripik-malang-kota-malang

Disamping daster malangan, dan juga minuman sari apel, keripik tempe khas malang juga turut menduduki peringkat Most wanted untuk dijadikan oleh-oleh. Berbeda dengan keripik tempe di daerah jawa barat yang terbalut dengan tepung, keripik tempe khas malang ini lebih tipis dan minim tepung, hal inilah yang membuat keripik tempe Malang menjadi lebih gurih. Tekstur keripik tempe yang crunchy dan juga yummy, menjadikan produk-produk kemasan keripik tempe ini tidak pernah berhenti untuk selalu diproduksi dalam jumlah yang besar namun selalu habis di pasaran.

sanan-industri-tempe-kota-malang-malang-kota

Oiya, yang perlu diperhatikan dan diingat disini adalah sebagian besar keripik tempe yang dijual, adalah hasil dari industri rumah tangga dari kampung tempe Sanan. Di kampung inilah segala proses pembuatan tempe hingga pengirisan dan pengemasan dilakukan. Berbeda dengan pabrik yang mengutamakan jumlah produksi, para produsen di kampung Sanan lebih mengutamakan kualitas yang sempurna. Jadi jangan heran kalau keripik tempe di daerah ini terkenal dengan rasanya yang istimewa.

Nah, sedangkan untuk mendapatkan produk-produk tempe ini kita bahkan tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, berkisar Rp 5.000-10.000 kita sudah bisa menikmati keripik tempe yang original atau beraneka rasa. Jadi buat para wisatawan yang sudah selesai berwisata jangan lupa mampir ke daerah Sanan, disana sudah banyak toko oleh-oleh  yang menjual keripik tempe khas Malang yang menunggu kamu.