Lingkarmalang.com, Wisata di Malang – Berlibur ke Malang rasanya ada yang kurang jika tidak memakai gelang khas taman hiburan yang mempunyai nama berakhiran Park. Adalah Jatim Park Group yang saat ini menguasai berbagai taman hiburan di Batu. Ternyata wana wisata yang dimiliki tidak hanya ada di Batu. Bandung, Surabaya, dan Lamongan pun mereka jamah dengan berbagai level kreatifitas yang maksimal.

Jika dibuka secara keseluruhan berikut adalah anak cabang wisata yang menjadi produk PT. Bunga Wangsa Sedjati (nama resmi Jatim Park Group):

  1. Jatim Park 1
  2. Jatim Park 2 (Museum Satwa dan Batu Secret Zoo)
  3. Predator Fun Park
  4. The Bagong Museum Tubuh
  5. Jatim Park 3
  6. BNS (Batu Night Spectacular)
  7. Eco Green Park
  8. Museum Angkut

Selain ketujuh wanawisata tersebut juga ada beberapa wanawisata lain yang ada di luar Malang. Seperti Wisata Bahari Lamongan, Maharani Zoo, Suroboyo Carnival Park, Bandung Carnival Land, dan Citra Raya World of Wonder.

Di balik kerajaan destinasi tersebut ada nama Paul Sastro Sendjojo yang menjadi owner sekaligus founder kerajaan tersebut. Dengan berlatarkan bisnis saja tidaklah mungkin Jatim Park Group masih bertahan sampai saat ini. Ada konsep yang sangat khas dalam berbagai edukasi yang beliau ciptakan. Maka dari itu setiap wanawisata mereka sarat akan edukasi.

Seperti deretan museum yang tercipta di jajaran destinasi yang tercipta, tak hanya separuh hati dalam mengajak beredukasi. Setiap wanawisata juga menyiapkan fasilitator dalam setiap tour menjelajah museum yang mereka miliki. Koleksinya pun terbilang sangat lengkap dan terawat. Sangat berbeda jauh dengan museum yang dibangun oleh pemerintah. Maka dari itu tak jarang pengunjung mengklasifikasikan museum-museum tersebut ber-plat merah atau di bawah menejemen pemerintah.