Lingkarmalang.com, One Piece Malang – Kalau kalian para penikmat salah satu produk kreatifitas dari Negeri Sakura yaitu manga, dijamin pasti tidak akan asing dengan serial manga “One Piece”. Manga bertajuk cerita aksi, petualangan, bajak laut, fantasi, komedi besutan Eiichiro Oda ini telah sukses menyihir para penggemarnya hingga ke seluruh dunia tidak tekecuali di Indonesia. Sebagai kota dimana kawula muda banyak bersemayam, Malang juga memiliki fanbase untuk menampung para penggemar One Piece, namanya “One Piece Malang” yang selanjutnya disebut sebagai OPM.

    Diprakarsai oleh 4 muda mudi Malang yang mengadakan pertemuan perdananya pada bulan Maret 2016 setelah sebelumnya mereka hanya bertemu dalam dunia maya di salah satu grup One Piece skala nasional melalui aplikasi Whatsapp (WA) sebagai medianya. Berawal dari pertemuan kecil dan singkat yang dibumbui rasa jaim tersebutlah tercipta inisiasi untuk melebarkan sayap pertemanan dengan latar belakang hobi yang sama yaitu sesama penyuka One Piece.

“Tujuan awal kami sebenarnya hanya ingin mengumpulkan teman sesama penyuka One Piece, semakin ke sini kok orangnya makin bertambah ya udah akhirnya kami membuat fanbase di Instagram dan Twitter dengan nama One Piece Malang sebagai media promo dan membuat grup WA sebagai wadah untuk mengenal teman-teman lebih dekat lagi”

Kata salah satu pendiri OPM yang tidak mau disebutkan namanya.

    Kegiatan OPM sendiri lebih aktif di grup WA mulai dari bedah chapter mingguan, diskusi seputar dunia One Piece, kuis berhadiah, hingga chat bebas untuk semakin mengakrabkan anggota. Selain itu OPM juga mulai aktif dalam kegiatan lapang seperti partisipasi di booth komunitas saat event festival budaya Jepang seperti Isshoni Tanoshimimashou dan Minori yang dibarengi dengan penampilan cosplayer oleh beberapa anggota, bakti sosial saat bulan Ramadhan, nonton bareng One Piece Movie Gold sebagai event pertama OPM dan digadang sebagai event  tersukses OPM selama ini menurut pendapat beberapa anggota. Dengan mengusung latar kekeluargaan dan pertemanan OPM juga sering mengadakan fun futsal ataupun hanya sekedar nongkrong di warung kopi sambil bersenda gurau, curhat, copy anime maupun nobar One Piece.

    Harapan kedepan menurut salah satu founding fathers OPM,

    meskipun kini anggota grup WA OPM ada lumayan banyak sekitar 100 orang lebih, harapan kedepannya tetap semoga OPM makin kompak dan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat tanpa menghilangkan rasa kekeluargaan, grup WA tetap hidup dengan diskusi maupun kuis, serta OPM selalu mendapatkan citra yang baik di kalangan para pecinta One Piece baik secara regional maupun nasional. Grup kita terbuka bagi siapa saja, tidak hanya khusus dari Malang, jadi yang mau sekedar mampir, silaturahim atau bergabung monggo kepoin dulu Instagram kami di @onepiecemalang, kalau berkenan gabung silakan pm adminnya”.

SALAM SATU KAPAL!

Oleh: Halla Ima Pertiwi