Lingkarmalang.com, Pengrajin Raket Malang – Olahraga merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh manusia, entah itu olahraga yang berbentuk game ataupun full olahraga. Yang dimaksud olahraga berbentuk game yaitu olahraga yang memberikan kesan kompetisi untuk memaksa pelaku olahraga mengeluarkan keringat. Seperti sepakbola, balap sepeda dan bulutangkis.

Ngomong-ngomong tentang bulutangkis di Kota Malang ada sebuah kampung industri alat olahraga bulutangkis lho. Di sekitar Jl. Klayatan berderet perajin raket yang merknya sudah berskala Internasional. Tak hanya sekelas nasional saja yang menjadi pangsa pasar mereka. Tepatnya di Jl. Klayatan gang 2 dan 3 sebagai markas para perajin benda yang lumrahnya berbentuk bulat dan beranyamkan senar tersebut.

Beberapa pabrik yang sudah memiliki izin usaha ini sudah lama berkumpul di area Kelurahan Bandungrejosari. Sudah malang melintang namanya di berbagai kompetisi sekelas Uber ataupun Thomas Cup. Entah perusahaan mana yang menjadi pioner usaha raket tersebut. Yang jelas tak kurang dari 10 perajin raket masih tetap eksis hingga saat ini. Seperti sudah terkordinir dengan rapi para produsen tersebut saling membantu meskipun berbeda nama perusahaan.

Dari usaha tersebut sebagian warga kecipratan manisnya pesanan yang datang bertubi-tubi. Jika pengrajin pemilik merk membuat pegangan, T, dan bulatannya. Para warga sekitar membantu untuk membuat lubang sekeliling bulatan dan memasang senar, soalnya pemasangan senar dan pembuatan lubang memang harus dilakukan dengan tenaga non-mesin. Jadilah simbiosis mutualisme antar warga yang terjadi sejak bertahun-tahun yang lalu.

Maka dari itu tak jarang meskipun tak ada papan nama bertuliskan “kampung kerajinan raket” orderan masih mengalir terus. Kalau tidak percaya silahkan masukkan keyword di google perajin raket pasti informasi yang keluar tidak jauh dari kelayatan, kemantren, dan kepuh. Yang notabene masih berada di sekitar pertigaan -yang tiap sore dan pagi hari macet- kelayatan.