Lingkarmalang.com, Ranu Kumbolo – Berwisata bersama keluarga tentu menjadi moment yang cukup menyenangkan untuk dilakukan, selain dapat menghilangkan stres berwisata juga dapat menambah semangat baru untuk bisa kembali bekerja. Ketika berada di jawa timur, anda bisa datang ke beberapa lokasi wisata Malang yang menarik dan unik. Salah satunya adalah danau ranu kumbolo yang sangat dikenal baik oleh para wisatawan. Danau ranu kumbolo berlokadi di area taman nasional bromo tengger semeru yang lokasinya sama dengan jalur pendakian gunung semeru.

Eksotisme Danau Ranu Kumbolo

Banyak para pendaki yang ingin menuju ke gunung semeru singgah terlebih dahulu ke kawasan danau ranu kumbolo ini untuk sekedar beristirahat dan menikmati keindahan alam sekitar danau yang sangat indah. Danau ini memiliki luas kurang lebih 15 hektar dengan ketinggian 3.675mdpl. di sekitar danau ranu kumbolo ini anda tak akan melihat sampah atau kotoran yang berserakan dimana-mana karena dilokasi ini terbilang cukup bersih, tak salah jika banyak pengunjung betah berlama-lama di tempat ini untuk sekedar menikmati kesejukan udara danau.

Bagi anda yang ingin melihat keindahan matahari terbit dari lokasi danau kumbolo ini bisa datang sebelum subuh untuk mendapatkan moment-moment terbitnya matahari yang muncul secara perlahan melewati bukit nan hijau. Sungguh pemandangan yang sangat menyejukkan setiap mata yang memandang, untuk mengabadikan moment tersebut, anda bisa mengambil potret detik-detik matahari terbit dengan menggunakan kamera atau ponsel. Ketika sore tiba, anda juga akan disuguhi dengan keindahan langit sore yang memancarkan cahaya keemasan.

Meskipun lokasi danau ranu kumbolo sangat mempesona namun ada beberapa cerita mistik seputar danau tersebut, konon katanya ada seorang perempuan yang menjadi penunggu danau ranu kumbolo, sosok perempuan tersebut kerap memunculkan diri pada saat bula purnama tiba. Selain itu kisah mistik lainnya yang sering dipaparkan oleh para pendaki adalah banyaknya batuk arcopodo yang acap kali membuat para pendaki tersesat. Meskipun danau ranu kumbolo menyimpan banyak misteri didalamnya namun tak pernah menyiutkan nyali para pendaki untuk terus mengeksplorasi keindahan lokasi danau.