Mungkin banyak yang belum tau tentang Budug Asu yang terletak di desa Wonosari, Lawang ini. Pemandangannya yang sangat berbeda dibandingkan dengan puncak-puncak yang pernah saya lalui sebelumnya membuat ribuan orang bertanya-tanya pada saat saya ganti display picture atau posting foto di media sosial. Tapi memang, setiap pegunungan memiliki view yang berbeda-beda apabila dibandingkan dengan pantai yang cenderung sama.

Apalagi kalau malam di atas gunung pas bertepatan sama bulan purnama kaya kita kemarin, itu keren banget! Kita pipis ga usah bawa senter udah terang. Haha.

Perjalanan naik kita tempuh sekitar 2.5jam dan turun sekitar 1.5-2jam. Medan yang ditempuh 85% bebatuan dan kemarin jalannya licin karena bekas hujan. Actually, perjalanan dapat ditempuh pake motor trail, jeep bahkan motor bebek (tapi dengan perjuangan hidup dan mati). Kita memilih jalan kaki karena kita emang suka jalan dan cari aman daripada motoran.

Mungkin kalo cari review tentang tempat ini ga ada sama sekali karena masih virgin, bahkan di GPS ga ada. Jadi bener-bener private banget kalo tendaan disana.

Sebenernya menemukan tempat ini juga karena ketidaksengajaan temen kita yang emang pembolang, nyasar malah nemu tempat yang oke punya. Akhirnya memilih tempat ini untuk farewell party saya yang mau balik ke Kalimantan.

Location: Budug Asu, Wonosari, Lawang, Jawa Timur.
Kiriman dari @agnesparlan (Instagram)