LINGKARMALANG – Dibandingkan dengan klub-klub sepak bola yang lain, singkatan kata Arema memang sedikit lebih unik. Sementara klub sepak bola pada saat itu menggunakan singkatan yang diawali dengan kata Persatuan Sepak Bola, seperti saudara kandung Arema sendiri yaitu Persema. Arema justru tampil dengan gaya nya yang nyeleneh menyingkat Arek Malang tanpa embel – embel kata persatuan dan sepak bola.

Tapi yang wajib diketahui oleh fan Arema sendiri adalah (entah itu disengaja atau tidak) , kata Arema sebenarnya mempunyai nilai sejarah yang kuat bagi Kota Malang. Pada masa kejayaan kerajaan singhosari nama arema sudah dikenal sebagai sesosok patih yang bijaksana dan berani. Sebutan lengkapnya adalah Kebo Arema.

Kebo Arema  saat itu dipercaya oleh raja kertanegara, sebagai panglima tertinggi angkatan berenjata kerajaan sighasari. Walaupun  buku sejarah jarang yang menulis prestasinya, namun bisa dikatakan kebo Arema adalah salah satu patih yang disegani pada jamannya. Beberapa prestasi yang bisa dikatakan gemilang pencapaiannya adalah, pemberontakan kelana Bhayangkara dimana seluruh pemberontak hancur lebur seperti yang termaktub di kidung Panji Wijaya Krama, dan yang paling termasyhur adalah penaklukkan kerajaan pamalayu yang mempunayi kuasa atas selat Malaka, dimana bukti keberhasilan ini tercantum dalam piagam amoghapasa atau piagam padang arca yang dikeluaran oleh sri kertanegara 1208 tahun Saka.

Kebo Arema selain dikenal pemberani dan ahli strategi perang, juga dikenal akan kepiawaiannya dalam membangun hubungan Internasional antar kerajaan. Terutama di wilayah Madura dan Nusantara pada umumnya. Mungkin hal itu pula yang ikut menjadi spirit Klub Arema Untuk mengusung slogan “ada dimana- mana walaupun ga kemana- mana”.

Kota Malang bisa dikatakan mempunyai nama yang agung sejak jaman dahulu, sedangkan tokoh Kebo Arema sendiri terkenal akan otak dan keberaniannya, untuk itu sebagai Aremania sejati yang besar di Kota Malang, ada baiknya kita selalu menjaga nama baik Arema dan Kota Malang dengan tidak berbuat rusuh baik itu di dalam maupun di luar Kandang singa. Sasaji..