atikofianti.wordpress.com

LINGKAR MALANG– Bakso, atau sebagaian orang menyebutnya baso sebenarnya bukanlah makanan khas Indonesia. Bak-so adalah kata yang berasal dari negeri cina yang berarti daging giling. Bahasa inggrisnya disebut sebagai meatball yang berarti daging yang dicincang dan digulung menyerupai bola kecil. Sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan apa yang dijelaskan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, bakso artinya adalah makanan yang terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama dengan tepung kanji dan putih telur biasanya dibentuk bulat-bulat.

Namun hal ini bisa berbeda bila diterjemahkan dalam Bahasa awam atau Bahasa yang sering digunakan sehari-hari. Jenis kuliner bakso mempunyai komposisi wajib yaitu bakso itu sendiri, kuah daging kaldu sapi, bihun atau mie, serta taburan daun berambang dan bawang goreng. Ada dua dareah di Indonesia yang terkenal dengan ciri khas keunikan bakso nya yaitu Kota Solo dan Kota Malang.

Bakso solo biasanya terdiri dari bakso dengan daging yang halus dipadu dengan kuah kaldu yang sedikit manis dan bening serta taburan tauge, bawang goreng, serta daun berambang. Berbeda daerah berbeda pula dengan jenis kuliner yang ditawarkan, walaupun sama-sama bernama bakso perpaduan bakso Malang lebih beragam. Kuahnya yang kental diisi dengan dua macam bakso yaitu yang digiling halus dan bakso urat yang biasa disebut bakso kasar, selain itu masih ada siomay, gorengan, dan tidak ketinggalan tahu gembosnya.  Taburan bawang goreng dan daun berambang minus tauge tak lupa ditaburkan dengan cantik diatasnya. Beberapa kedai bakso yang patut anda coba saat ke Malang adalah Bakso Kota Cak Man, Bakso president, dan Bakso damas.

Inovasi kuliner khususnya Bakso cukup berkembang di Kota Malang, tidak terpaku dengan model bakso yang “itu – itu aja” bakso pahlawan trip menawarkan jenis bakso kuah yang berbeda yaitu bakso bakar. Bakso yang ditusuk dengan tongkat besi lalu dibakar diatas bara api dari arang dan dibumbui oleh kecap banyak mengundang minat para pecinta kuliner baik dari dalam maupun luar kota. Diluar itu masih banyak pula bakso-bakso unik seperti bakso jumbo, bakso dengan isi yang bearagam mulai dari keju hingga Lombok, bakso beranak dan banyak yang lainnya.

Jadi buat kalian yang lagi berwisata di Malang jangan lupa juga untuk sempatkan berwisata lidah mencicipi bakso di kota kami ya…..(Tiko)