Lingkarmalang.com, Karoseri Adi Putro – Akhir-akhir ini kepemilikan bus mulai diminati masyarakat, entah kepemilikan bus untuk disewakan atau untuk menjalankan trayek. Bus yang beroperasi saat ini sangat berbeda dengan bus jadul, mulai dari mesin sampai pada model body yang dimiliki. Tentunya perbedaan tersebut pasti akan berdampak pada tingkat kenyamanan penumpang, karena akan mempengaruhi cara kendaraan tersebut melaju.

Salah satu yang mempengaruhi bentuk dan model body kendaraan penumpang adalah karoseri. Karoseri berasal dari bahasa belanda yang bermakna rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka. Di Malang ada sebuah karoseri yang sudah cukup memiliki nama di pecinta mobil. Karoseri Adiputro namanya, sudah beroperasi sejak tahun 1973.

Mobil pertama yang di-garap yaitu mobil Mitsubishi Colt T-120, mobil yang awalnya keluaran pabrik berbentuk angkutan barang disulap menjadi angkutan penumpang. Kenyamanannya jangan ditanya. Meskipun mobil garapan awal karoseri yang berlambang kuda troya tersebut sukses menarik minat masyarakat. Bahkan karoseri ini pernah mendapat pengerjaan langsung dari pabrikan Suzuki untuk mengerjakan mobil jenis Suzuki Carry.

Maka dari itu tak jarang lambang kuda troya membawa tameng bertuliskan ap tersebut acapkali kita temukan di body mobil jenis Carry. Semakin hari profesionalitas pengerjaan karoseri ini tak dapat lagi diragukan. Karena saat ini sudah mulai mendapat kepercayaan untuk mengerjakan bus bermerk Marcedes-Benz.

Hingga saat ini sudah berbagai macam body menjadi andalan karoseri yang saat ini beralamatkan di Jl. Raya Balearjosari no. 35, Kota Malang. Pada tahun lalu saja sudah ada 1.400 mobil yang dikerjakan oleh karoseri ini. Berbagai model yang dibuat pun kian beragam, mulai dari bus sederhana yang biasa kita temukan di trayek antar kota dalam provinsi ataupun bus eksklusif seperti jenis double decker.