Peresmian Kampung Topeng

LINGKARMALANG – Sedikit berbeda dengan kebanyakan kampung tematik yang telah diresmikan oleh Bapak Walikota Malang, Kampung ini sedikit menjorok kea rah selatan Kota malang. Akses yang ditempuh untuk mencapai lokasi kampung inipun juga sedikit lebih rumit Karena melewati sedikit jalan yang berbatu. Tapi jangan salah, dibalik teresmpilnya kampung ini ada misi luhur yang disiapkan oleh dinas sosial untuk masa depan warga sekitarnya.

Sekitar pertengahan bulan februari, bapak Walikota yang akrab disapa denga Abah Anton meresmikan sebuah kampung tematik di Desaku Menanti, kecamatan kedung kendang Kota Malang. Tema yang dipilih adalah Kampung Topeng. Sebagai Ikon dua buah topeng raksasa panji asmorobangun berwarna Hijau dan dewi sekartaji  siap menyambut pengunjung yang ingin ber swafoto . di area sekitar topeng raksasa juga dipenuhi ratusan topeng kecil dengan berbagai karakter topeng Malangan. Selain ber swafoto, pengunjung juga bisa melatih kreatifitas di gazebo parkiran dengan melukis topeng malangan yang disediakan oleh pengelola hanya dengan membayar kurang lebih 25.000 rupiah, sekaligus bisa membawa pulang topeng hasil lukisannya sendiri.

Photo IG @lndawatidewi

Bila menilik dari sejarahnya, sebelumnya kampung ini adalah kampung tempat penampungan gelandang dan pengemis. Untuk merubah pola pikir dan menciptakan pekerjaan yang lebih layak, dinas sosial Kota Malang menyulap kampung ini sebagai kampung tematik sekaligus kampung wisata yang bertemakan topeng malang. Harapannya dengan menjadi magnet wisata penduduk sekitar bisa turut berjualan di area ini dengan menjajakan kuliner khas Malang dan kerajinan yang bisa dipergunakan untuk oleh-oleh.

Jadi Nawak Ngalam, buat yang belum pernah ke kampung ini segera yuk diagendakan kesini. Selain bisa belajar tentang berbagai karakter topeng Malang, kita juga turut bersumbangsih membangun kampung menjadi lebih baik seperti yang diharapkan oleh Dinas Sosial. (Kartiko.p)