Lingkarmalang.com, Tempeh Pandan Wangi – Kalau Anda berkesempatan untuk berlibur ke berbagai tempat wisata Malang, jangan lupa untuk berkunjung ke Jembatan Jalur Lintas Selatan yang ada perbatasan antara Malang dan Lumajang. Jembatan yang berada di sebelah selatan Kecamatan Tempeh, Lumajang ini menghubungkan dua desa yakni Pandan Wangi, Kecamatan Tempeh dengan Desa Selok Anyar. Dengan panjang yang mencapai 370 meter membuat jembatan ini menjadi jembatan terpanjang dan terindah yang ada di jalur selatan Lumajang.

Dari atas jembatan ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan hamparan sawah dan pantai selatan yang indah di tengah hembusan angin laut selatan. Bagi Anda yang menyukai aktivitas hunting foto, Anda bisa mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang eksotis dari atas jembatan ini. Kemegahan Jembatan Pandan Wangi ini bahkan sampai ke wilayah luar Lumajang. Setiap hari jembatan ini tak pernah sepi pengunjung dari luar kota seperti dari Jember dan Probolinggo. Karena ketenarannya, jembatan ini kini menjadi ikon wisata baru di kawasan Tempeh, Lumajang.

Spot wisata Jembatan Pandan Wangi, Tempeh yang berada 20 km dari pusat kota Lumajang ini cukup instagramable. Baik dari atas jembatan maupun dari bawah, Anda bisa menyaksikan kemegahan jembatan ini. Dari kejauhan, bentangan besi melengkung di atas jembatan dengan panjang 140 meter tampak begitu megah berpadu dengan pemandangan Gunung Semeru di sebelah barat. Karena keindahannya, tak sedikit warga yang menjadikan lokasi ini sebagai lokasi foto prewedding, model maupun landscape.

Obyek wisata jembatan ini tampil beda dari obyek wisata lain yang menjadi andalan Provinsi Jawa Timur. Jembatan Pandan Wangi menjadi keunikan tersendiri di tengah obyek wisata lainnya di bagian selatan Lumajang  yang sebagian besar didominasi oleh wisata pantai. Untuk menikmati keindahan pemandangan alam dari atas jembatan ini, Anda harus bergantian dengan para fotografer yang menjadikan jembatan ini sebagai spot foto. Ke depan, lokasi wisata ini akan semakin menarik berkat adanya penanaman pepohonan di kawasan pantai selatan Lumajang.

Jembatan Pandan Wangi ini bisa menjadi obyek wisata yang cukup potensial mengingat bentuknya yang sekilas menyerupai Golden Gate yang ada di Amerika atau Sydney Harbour Bridge di Australia. Anda tak hanya bisa menikmati pemandangan spektakuler dari atas jembatan, tapi juga menikmati berbagai jajanan yang dijual oleh PKL di pinggiran jembatan.