Semenjak dibukanya jalur lintas selatan (JLS) malang yang membentang dari kecamatan Sumber Manjing Wetas, Gedangan sampai kecamatan Bantur, mulai muncul berbagai destinasi wisata yang memang wajib untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Jelangkung. Nama yang serem tersebut tak lantas menjadikan pantai ini patut untuk di black list dari daftar destinasi anda. Pantai ini terletak di utara pantai Bajul Mati. Jika anda menempuh perjalanan dari pantai Sendang Biru pantai ini terletak setelah pantai Bajul Mati. Secara administratif Pantai Jelangkung terletak di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan  Pantai Jelangkung memiliki daya tarik tersendiri karna papan namanya yang memang memiliki kesan angker.

Sumber Instagram (@danpradk)
Sumber Instagram (@danpradk)

Sebetulnya nama Jelangkung ini merupakan plesetan dari nama pantai yang menjadi langganan tempat gathering offroader ini. Awalnya pantai ini bernama jolangkung, nama tersebut singkatan dari dua kata dalam bahasa jawa. “Ojo” yang berarti jangan dan “langkung” yang berarti terlewat. Secara ringkas jika di gabung menjadi jangan lewat. Mungkin nama ini di sematkan karna ombak dari pantai ini yang sangat besar dan juga memiliki arus yang sangat kuat. Nah dari nama tersebut sudah jelaskan kenapa di panggil Pantai Jelangkung.

Sumber Instagram (@bagus_jez)
Sumber Instagram (@bagus_jez)

Terlepas dari nama yang angker pantai ini sangat cocok untuk berkumpul dengan keluarga. Disamping pantainya yang masih perawan, di pantai ini juga memiliki lahan yang cukup luas. Maka dari itu seperti yang sampaikan di awal, pantai ini menjadi langganan event komunitas. Mulai komunitas kendaraan roda empat, roda dua, sampai komunitas sosial.

Jika anda masuk ke pantai ini sangat tidak di anjurkan untuk berenang selain masalah arus yang cukup deras dan kuat di pantai ini memiliki karakter persis seperti Bajul Mati yang bawahnya berkarang licin. Jika ombak menyapu maka besar kemungkinan untuk terseret ombak tersebut sampai ke tengah. Jadi anda hanya bisa menikmati suara deburan ombak saja yang berlandscape gunung karang di kanan kiri. Bedanya di sini sama di Pantai Bajul Mati adalah jika anda ke Bajul Mati harus berkendara jauh untuk masuk ke dalam. di Pantai Jelangkung anda tidak perlu melakukan hal tersebut karna pantainya sangat dekat dengan jalan beraspal. Selain itu jika anda ke Pantai Bajul Mati harus bayar sekian puluh ribu di pantai ini anda tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Tidak cukup di situ untuk kebersihan pantai pun disini tergolong sangat bersih. Maka dari itu jika anda mengunjungi pantai ini masih sangat nyaman.