Lingkarmalang.com, Pantai Malang – Sempu merupakan kawasan konservasi yang ada di seberang pantai Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Pulau Sempu memang memiliki keindahan yang dapat dijangkau secara ilegal. Karenanya banyak para penjelajah, wisatawan dan penikmat alam yang masih ngotot untuk mengunjungi cagar alam.

Seperti yang terdapat pada artikel yang pernah dipublikasi sebelumnya. Cagar alam bukan merupakan tempat wisata, karena memang ada ekosistem khas yang dilindungi. Dikhawatirkan jika ekosistem khas tersebut akan punah jika dikunjungi wisatawan. Sebetulnya untuk sekadar berkunjung tidak sekonyong-konyong dilarang, jika memiliki alasan untuk penelitian yang akan menghasilkan data untuk ilmu pengetahuan pasti akan diizinkan. Namun jika masih nekad untuk mengunjunginya pasti akan terciduk pihak resort kawasan konservasi.

Seperti yang terjadi pada tanggal 17 maret 2018, menurut keterangan resmi dari website BBKSDA Jatim ada tiga rombongan yang terciduk saat akan menyeberang. Secara kronologis mereka diketahui saat ingin menyeberang ke Pulau Sempu lewat pelabuhan di Sendang Biru. Kebetulan hal tersebut berhasil dicegah oleh polisi hutan. Saat melakukan patroli ketiga rombongan pengunjung tersebut sudah naik ke perahu. Lalu segera diarahkan untuk ke kantor Resort Konservasi Cagar Alam Pulau Sempu. Bukan ditahan dan dilakukan hukuman, melainkan di berikan sosialisasi terkait larangan untuk memasuki pulau.

Setidaknya ini dapat menjadi peringatan bagi yang belum pernah ke Sempu. Bahwa aturan tersebut saat ini sudah mulai berlaku tegas. Jangan dibedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang meskipun izin ke kantor resort konservasi tetap di berikan izin dengan mudah. Jikalau berhasil menerobos masuk secara ilegal pun akan banyak risiko yang wajib anda tanggung. Karena kawasan tersebut sudah sepi, jika tersesat anda pasti akan susah untuk meminta bantuan kepada orang lain. Malahan anda terancam tidak akan mendapatkan bantuan, karena faktor sepinya pulau tersebut. Sekali lagi ingat. Jangan ke Sempu kalau tidak ingin ter-cyduq.