Coban Nirwana yang terletak di desa Gedangan, Malang ini tak kalah bagusnya dengan air terjun lainnya. Seperti Coban Pelangi, Coban Bidadari dan lain sebagainya. Hanya saja yang membedakan adalah Coban Nirwana tak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga, jumlah pengunjung hanya sedikit.

Di Coban Nirwana ini, akses jalan menuju kesana sangatlah mudah. Dari pusat kota Malang menuju kota Malang, berjarak 51 kilometer. Yang artinya, jarak tempuh memakan waktu sebanyak kurang lebih 1 jam 30 menit.

Sampai disana, hanya membayar parkir Rp.5000,00 dan tidak ada tiket untuk masuk. Sangat murah sekali bukan?. Dan kemudian, menuruni jalan yang sudah di buat berupa tangga. Jaraknya sekitar 1 kilometer. Untuk turun, tidak terlalu memerlukan tenaga yang kuat. Hanya saja, ketika akan kembali naik ke atas, akan sangat menguras tenaga. Jadi sebaiknya, datanglah kesana ketika tubuh benar-benar fit.

Kemudian, tampaklah air terjun itu. Dan kepada pengunjung, di mohon untuk sangat berhati-hati ketika aka mendekat ke air terjun. Dikarenakan, disana ada banyak batu licin yang pastinya tak sengaja akan memplesetkan kita.

Dan sangat disarankan untuk berkunjung di Coban Nirwana di awal atau akhir tahun. Karena debit air saat itu akan luas daripada saat kemarau. Nah, itulah ulasan lengkap dari murahnya Coban Nirwana, Gedangan.

Penulis: Sevilla E. Azzahra

IG: @sevilla_elza