Lingkarmalang.com, Tahwa – Kota Malang merupakan kota yang dikelilingi perbukitan, termasuk kota yang terklasifikasi kota dingin. Tak jarang para pendatang merasakan nikmatnya berwisata di kota dingin ini. Maka tak jarang banyak wisatawan di akhir pekan hanya sekedar menginap dan menikmati fasilitas yang disediakan hotel.

Tak jarang wisatawan yang berasal dari kota yang memiliki suhu panas akan merasakan dingin yang tak tertahankan. Untuk menanggulangi hal itu biasanya diantisipasi dengan makan makanan yang hangat. Kalau ingin makan makanan berat khas Malang, dapat menyantap bakso. Namun jika merasa enggan menyantap makanan berat dapat mampir ke kedai yang menjual tahwa.

Tahwa merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar kembang tahu. Memiliki kuah dari air jahe yang manis dan hangat. Setidaknya camilan berkuah yang berasal dari Tinghoa ini dapat mengusir hawa dingin di dalam tubuh anda. Namun anda harus rela untuk mengunjungi kedai yang masih terbilang jarang di Malang.

Di negara asalnya sana tahwa ini sebagai hidangan untuk tamu, setiap tempat memiliki resep yang berbeda. Ada yang diolah dengan rasa yang sedikit pedas, ada yang diolah dengan susu, dan juga dengan sirup jahe yang manis. Seperti itu pula di Malang, varian rasa tahwa semakin bertambah mengikuti tren kekinian. Ada yang menggunakan toping coklat, keju dan lainnya.

Di Kota Malang ada 4 tempat yang menjual tahwa Yaitu:

  • Tahwa Ing

Beralamatkan di Jalan Kendalsari Barat dan Jalan Cengger Ayam Nomer 20. Jika ingin merasakan tahwa kekinian dengan toping yang beragam dapat mengunjungi kedai ini.

  • Tahwa Mas Agus

Beralamatkan di Jl. Aris Munandar No. 23-31. Ingin merasakan tahwa tapi dengan penampilan kedai khas jajanan jalanan? Bisa ke Tahwa Mas Agus. Katanya ini tahwa terlawas di Kota Malang.

  • Tahwa Ronde Bu Yayah

Beralamatkan di Jl. Urip Sumoharjo G56, wajib dikunjungi bagi yang ingin jajan tahwa sekaligus ngeronde.

  • Tahwa Faiz

Beramatkan di Jl. Merbabu Nomer 3-4.