Malang di kenal sebagai daerah yang udaranya sejuk karena di kelilingi oleh pegunungan serta hutannya yang terjaga, salah satu hutan yang keberadaannya luas adalah hutan pinus. Belakangan ini ada wisata di Malang yang mulai berkembang dan terus membenahi fasilitasnya bernama Goa Pinus. Goa Pinus sebenarnya sudah lama ada, hanya saja baru beberapa waktu lalu mulai di kembangkan dan mulai di kenal oleh kalangan Wisatawan. Semakin hari Goa Pinus semakin naik daun karena banyak tempat-tempat menarik untuk digunakan sebagai background foto oleh pengunjung yang datang, tak luput juga karena lokasinya berdekatan dengan wisata Paralayang Batu yang sudah terlebih dahulu dikenal banyak orang karena pemandangannya yang eksotis.

Goa Pinus terletak di kawasan JL. Paralayang, Pujon, Batu-Malang, Jawa Timur, tepatnya berada sebelum jalan menuju wisata Paralayang. Lokasi Goa Pinus terbilang cukup mudah di temui karena Gerbang dan Loket wisatanya di samping Jalan. Dinamakan Goa Pinus karena terdapat sebuah Goa yang di kelilingi oleh hutan pinus. Goa Pinus adalah Goa yang kecil karena hanya memiliki ketinggiann sekitar 1 meter dan kedalaman yang tak lebih dari 5 meter, maka para wisatawan yang ingin masuk ke dalam Goa Pinus mau tak mau harus membungkukkan badan. Pada kawasan wisata Goa Pinus memiliki angin sepoi-sepoi yang akan membuat para Wisatawan betah berada disini.

Keberadaan Goa Pinus berbeda dengan goa-goa yang lain di Malang, selain lokasinya di tengah-tengah hutan pinus Goa ini tidak memiliki batuan stalaktit dan stalakmit seperti goa pada umumnya. Awalnya Goa Pinus adalah tempat penambangan pasir namun karena sudah lama ditinggalkan, maka masyarakat setempat  mengubah tempat ini untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Selain goa dan hutan pinus di wisata ini juga ada spot-spot foto yang menarik sepeti kapal laut di atas pepohonan, bambu-bambu yang tersusun rapi vertikal, tempat duduk yang terbuat dari kayu yang bentuknya menarik. Jika ingin berkunjung ke Goa Pinus dari Kota Malang langsung saja menuju arah Pujon, untuk tiket masuknya sendiri di bandrol per orang Rp. 5000 dan untuk biaya parkir motor Rp. 5000 saja sudah bisa menikmati keindahan wisata Goa Pinus.

kiriman dari  Dharmawan [email protected]

Instagram : @Kenthor_