LINGKARMALANG – Identitas malang dengan gunung dan seabrek wisata alam dengan suhu dingin memang tak dapat disangsikan. Salah satu yang dapat disebut produk turunan dinginnya pegunungan yang mengelilingi malang yaitu sumber pitu. sumber yang lebih layak disebut sebagai coban ini secara administratif terletak di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang. Walaupun terletak di kecamatan tumpang Nawak Lingkar Malang harus melewati Kecamatan Poncokusumo dulu untuk menuju sumber yang terkenal dengan keasriannya tersebut.

Keseruan sumber yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi ini dimulai saat pengunjung mulai menapakkan kakinya pada tanah. Pasalnya sebelum anda sampai lokasi ada sajian tambahan dari air terjun yang lumrah disebut Coban Tunggal. Para pengunjung dapat menikmati Coban Tunggal karena memang letaknya yang ada di satu aliran sungai Coban Sumber Pitu.


Karakteristik air terjun yang menyembur dari tebing membuat air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri. Dengan keunikan tersebut maka batuan yang dialiri oleh air akan menjadi tempat tumbuhnya lumut atau bahkan tumbuhan lain. Ibarat air mancur yang menyembur dari tembok batu yang menjadi habitat tanaman. para pengunjung dapat ber selfie dengan latar tembok hijau tersebut.


Sangat menarik untuk dikunjungi, jika anda suka berenangpun dapat berenang di coban ini. Namun siap-siap air dengan suhu dingin menusuk tulang nawak-nawak lingkar malang. notabene air yang mengalir dari tembok batu ini merupakan aliran yang bersumber dari lerang gunung bromo. maka dari itu suhu yang dingin sangat terasa jika pengunjung menceburkan diri di aliran sungai Air Terjun Sumber Pitu ini. Jika anda tidak ingin berenang dapat juga menikmati sekeliling air terjun yang masih asri atau menghirup percikan air yang beterbangan. sangat banyak pilihan cara menikmati air terjun yang tidak terlalu jauh dari Kota Malang ini. (Pungkas.P)