Doc. Lingkar Malang

LINGKARMALANG – Musik merupakan salah satu hal yang terpenting didunia. Seakan sudah bercampur menjadi satu dengan adat dan kebiasan manusia di era modern ini. Bahkan ada yang bilang musik adalah salah satu unsur yang dapat menyatukan dunia. Ngomong-ngomong tentang musik, kali ini lingkar malang akan mengulas tentang museum musik indonesia. Jangan kaget dulu dengan kata indonesia yang melekat di nama museum yang satu ini. Karena museum yang memang masih menjadi satu-satunya museum musik yang ada di Indonesia ini masih masih ada di sekitaran Kota Malang.

Museum yang di kelola oleh yayasan Museum Musik Indonesia ini berlokasi di gedung kesenian gajayana. Tepatnya di Jl. Nusakambangan No. 19 Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Jika anda berasal dari luar kota dapat menaiki angkot menuju lokasi museum yang berada di belakang SMAN 5 Malang ini. semua tentang musik dapat anda lihat dan dengarkan disini, mulai dari rilisan fisik, kostum panggung milik artis, sampai buku musik juga dapat anda temui dimuseum mungil nan lengkap ini. Menurut Bu Cici museum ini masih belum lengkap alat musik dan koleksi albumnya. Harapan para pengelola dengan adanya museum musik indonesia yang berlokasi di Kota Malang ini dapat menjadi “daftar isi” jika para peminat musik ingin belajar musik lebih dalam.

Doc. Lingkar Malang

Museum yang sudah menyimpan puluhan ribuan album ini mempunyai kamus digital bagi para pengunjung. Sudah ada 14.000 judul yang didigitalisasi, hal ini yang sangat menarik di museum ini. para pengunjung dapat memanjakan telinga dengan musik yang mengalun dari hp para pengunjung sendiri. Banyak informasi yang di sampaikan dengan adanya kamus digital yang hanya dapat diakses di museum ini. Mulai dari nama band sampai jenis rilisan fisik yang didigitalisasi ada dalam kamus digital ini. Bagi para pecinta musik mungkin museum ini adalah surga yang di anugerahkan bagi anda. (PungkasPung)