Dua hari ini malang rupanya sibuk untuk gelaran International event. Event yang bertajuk balapan motor On dan Offroad  ini di gelar di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang. Federation International Motorcyclisme (FIM) Asia Supermoto Putaran kedua kali ini tak luput dari lirikan Pemerintah Kabupaten Malang untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Malang. nyatanya pada tanggal 06 Oktober 2016 Pemerintah Kabupaten Malang mengundang setidaknya 23 rider untuk pers converence di Pantai Batu Bengkung. Selain  pers converence di Batu Bengkung para pembalap yang terdiri dari 14 negara tersebut juga menjajal track jalan raya yang ada di sepanjang Jalur Lintas Selatan.

Sumber Instgram (@fimasiasupermoto)
Sumber Instgram (@fimasiasupermoto)

Benar saja Pemerintah Kabupaten Malang menggencarkan promosi pariwisata Kabupaten Malang pada gelaran balap motor international ini. Pasalnya balapan tersebut memang di setting oleh Asia Supersport Group (ASG) untuk mempromosikan tempat wisata di negara-negara asia. Selain itu beberapa spot pariwisata khususnya pantai Malang Selatan memang identik dengan jalan berliku yang sangat cocok untuk dilalui motor sejenis. FIM Asia Supermoto sendiri memiliki agenda di berbagai negara. Pada putaran pertama terselenggara di  Newcastle, Australia pada 3-4 September lalu. Putaran selanjutnya akan diadakan di Pampanga, Filipina 12-13 November dan di akhiri di Kuala Lumpur, Malaysia pada 17-18 Desember.

Sumber Instagram @fimasiasupermoto)
Sumber Instagram @fimasiasupermoto)

Gelaran puncak supermoto putaran kedua sendiri dilaksanakan tgl 8-9 oktober 2016 di Stadion Kanjuruhan. Lapangan parkir Stadion Kanjuruhan di sulap menjadi sirkuit berkelok dengan panjang 1,2 Km. Tak seperti balapan motocross biasa yang melulu melalui jalur bertanah alias offroad, dalam balapan ini sirkuit di set sedemikian rupa sehingga memiliki jalur onroad alias jalur aspal 80% dan offroad 20%. Hal ini menjadikan balapan menjadi lebih seru, selain pembalap dituntut untuk lihai mengendalikan motornya di jalur aspal juga harus lihai mengendalikan motornya di jalur offroad yang sarat dengan gundukan-gundukan tanah.

Sumber Instagram (@fimasiasupermoto)
Sumber Instagram (@fimasiasupermoto)

Di balapan ini terbagi menjadi lite national, prostok East Java, Prostok National, Superstock open, honda win dan pro stock consulation. Ke lima kelas tersebut memang di adakan untuk memeriahkan gelaran induk balapan supermoto yang di ikuti oleh pembalap dari Amerika, New Zealand, Francis, Malaysia, Sri langka, Indonesia, Singapura, Thailand, Jepang, Hongkong, Korea dan Taiwan. Untuk pemenang supermoto sendiri saat ini yaitu juara 1 Richard Dubben dari New Zealand, juara 2 Levis Comah dari Francis dan Juara 3 Muhd Aminul dari Malaysia. Pada klasemen puncak masih di pimpin oleh Muhd Aminul dari Malaysia.