Pantai Tiga Warna

LINGKARMALANG – Suatu destinasi bagus pastilah harus dipertahankan. Entah mempertahankan dengan menjaga tradisi masyarakat pesisir yang memiliki keunikan tersendiri. Atau membuat manajemen reservasi yang sangat terbatas dan dibuat dengan sangat profesional. Seperti contohnya Pantai Tiga Warna yang ada di Selatan Kabupaten Malang. Dengan adanya menejemen yang menurut Lingkar Malang sudah sangat profesional ini dapat menjaga destinasi tersebut dari kerusakan yang ditimbulkan oleh para traveler. Terlepas dari hal tersebut dilakukan secara sengaja atau tidak pihak pengelola pantai sangat konservatif dalam menjaga pantai ini.

Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Clungup ini di kelola oleh warga setempat yang menamakan dirinya Bhakti Alam. Beberapa hal tersebut dilakukan bukan semata-mata karena menjaga “nilai jual” destinasi yang memiliki keunikan dalam warna pantai ini. namun karena pantai ini terletak di dalam hutan lindung yang secara otomatis menjadi kawasan konservasi yang harus dikontrol dalam pengelolaannya. Sebenarnya untuk masuk kekawasan ini anda harus melewati mangrove conservation yang mengelilingi akses masuk pantai. Hal ini yang menyebabkan para pengendara mobil harus rela memarkir kendaraan di sekitar Pantai Clungup dan berjalan sejauh 1 Km untuk memasuki destinasi yang terjaga ini. Lain halnya jika anda mengendarai kendaraan roda dua karena anda dapat menyusuri hutan mangrove yang memiliki space jalan sangat sempit. Hasilnya anda tidak harus berjalan kaki untuk menuju lokasi wanawisata tersebut.

Jika anda ingin ecotraveling di pantai yang dianugerahi garis pantai yang panjang nan menarik ini. Anda hanya diwajibkan membayar tiket masuk seharga 5 ribu rupiah per orang dan membayar Guide 100 ribu per 10 orang. Ibarat Open Trip jika anda sendirian anda akan bergabung dengan kelompok lain sampai mencapai kuota 10 orang perkelompok. Seperti yang saya bilang dalam paragraf pembuka. Menejemen pantai ini memberikan kuota pengunjung yang masuk ke pantai. Jika anda tidak ingin kecewa saat sampai loket ternyata kuotanya sudah full sangat disarankan untuk booking jauh sebelum hari keberangkatan.