Duo Jagoan di Malang
  • Sempol (Kuliner Hist)

Kuliner di kota Malang memang tiada duanya. Sudah sangat mahfum jika kota ini melahirkan aneka jenis masakan, makanan, maupun cemilan. Mulai yang paling sederhana hingga harus punya keahlian khusus untuk membuatnya. Yang menjadi hitz saat ini adalah sempol. Terbuat dari campuran tepung, daging ayam/ ikan dan aneka bumbu nusantara membuat cemilan ini memiliki penggemarnya sendiri. Tak lupa baluran telur kocok menjadikan sempol makin krispy saat digoreng. Perpaduan rasa gurih, asinnya sangat pas dilidah. Bagi yang suka bisa ditambahkan saos beserta sambalnya. Bentuk sempol yang mirip sate lilit dari bali ini menjadikannya unik dan gampang untuk dipegang, perbedaannya adalah pada tusuk yang digunakan, jika sate lilit menggunakan batang sereh, sempol menggunakan bilah bambu yang sudah dipotong-potong, hampir mirip seperti tusuk sate dengan ukuran lebih besar.

Sangat mudah menemukan sempol di kota malang, dan harganya jangan ditanya dijamin murah meriah. Mulai dari 500 hingga 1000 rupiah saja sudah bisa menikmati satu tusuk sempol. Tak heran sempol dengan mudahnya menjadi cemilan hitz di kota malang. Keberadaan sempol ternyata tak hanya ramai diperbincangkan di malang saja, namun di kota-kota sekitar malangpun mulai bermunculan cemilan sempol. Seperti di surabaya, sudah banyak pedagang kaki lima yang berjualan sempol. Dan sudah bisa ditebak, bahwa cemilan ini juga menjadi hitz di kota pahlawan.

  • Cara Unik Menyantap Bakso di Kota Malang

Tak ada yang menyangkal bahwa Bakso di kota malang memang juara rasanya. Bukan hanya bagi  lapak-lapak mereka yang sudah punya nama besar dan outlet megah nan mentereng, namun rasa bakso yang lezatpun tersaji di setiap pedagang bakso keliling.

Jika di kota lain makan bakso akan dilayani oleh penjual, lain halnya di kota Malang. Kita boleh memilih dan memberikan bumbu sendiri pada setiap mangkuknya. Baru setelah semua selesai, tinggal laporan ke penjual untuk dihitungkan berapa rupiah semua jenis yang kita pilih tersebut. Selain pentol bakso, rata-rata harga yang dipatok mulai 500 hingga 2000 rupiah. Misalkan saja untuk satu porsi kita memilih 2 tahu putih, 2 siomay goreng, dan 2 pentol besar yang harganya lima ribuan, tinggal dihitung saja, jika selain pentol harganya 500 rupiah, cukup dengan 12.000 sudah dijamin kenyang.

Tak jarang jika orang yang baru pertama kali mampir ke kota malang, akan binggung saat hendak membeli bakso. Karena biasanya mereka hanya akan disuguhi mangkoknya saja. Cara ini tergolong unik, karena pembeli bisa meracik bakso sesuai dengan selera mereka. Sering juga kita jumpai pedagang yang menyediakan sayuran seperti irisan kubis tanpa dikenakan biaya tambahan. Lazimnya di daerah lain, jika ingin membeli bakso kota tinggal pesan bakso komplit atau tanpa tahu atau lainnya dan kemudian duduk manis, menunggu sebentar bakso akan tersaji di depan kita.

Pantas saja bakso menjadi primadona bagi siapapun yang berkunjung ke kota malang. Selain rasanya yang dijamin lezat, cara unik menikmati bakso inipun menjadi salah satu daya tariknya. Self service mungkin kata itu lebih banyak dijumpai di resto, warung makan, dan lainnya, tapi ternyata di pedagang keliling kota malangpun bisa kita nikmati cara unik ini. So…Perlu kita coba self service sajian kulier bakso di kota malang.

Tulisan dari  [email protected]