Lingkarmalang.com, Tman kehati – Lambat laun manusia akan bertumbuh dan berkembang. Di sisi lain manusia juga memerlukan ekosistem yang sehat dengan adanya makhluk lain seperti tumbuhan dan hewan. Menjadi dilema tersendiri jika dengan pesatnya pertumbuhan manusia dapat menggeser populasi makhluk lain yang notabene masih dibutuhkan manusia. Rupanya pergulatan opini sejenis sudah di rasakan oleh dinas perumahan, kawasan permukiman dan cipta karya (DPKPCK) Kabupaten Malang.

Faktanya DPKPCK Kabupaten Malang mulai menggarap taman yang diberi nama Taman Kehati dengan konsep taman yang sustainable. Di samping menjadi taman yang dapat di gunakan untuk berwisata bagi warga Kepanjen dan warga yang melintasi jalur lintas barat Kepanjen, taman ini juga dapat menjadi kawasan hijau dan lahan konservasi untuk beberapa tanaman langka. Konsep yang saling menguntungkan ini rupanya dikemas apik taman yang berlokasi di belakang perumahan PNS jalur lintas barat tersebut.

Tak urung kedua konsep tersebut yang menjadi latar belakang penamaan Taman Kehati. Sebetulnya nama Kehati merupakan kepanjangan dari keanekaragaman hayati. Setidaknya para warga telah mengetahui dan belajar tentang keanekaragaman hayati di taman ini. Nantinya beberapa koleksi flora yang di tanam di sini akan dikemas sebagai wisata edukasi juga untuk siswa-siswi sekolah dasar ataupun sekolah menengah.

Tak hanya dengan wawasan pendidikan yang tersaji maksimal, di Taman ini juga dapat di jadikan sarana refreshing. Tak jarang di hari-hari biasa seperti hari-hari ini terlihat beberapa warga sekitar Jalibar yang menyempatkan diru jalan-jalan kesini. Atau jika anda berkunjung pada pagi hari rasanya lebih pas untuk joging di sepanjang joging track ada di Taman Kehati. Tak cukup hanya sebagai tempat berolahraga, bagi para pemudik dapat pula menjadikan tempat ini rest area. Karena banyak gazebo dan tempat duduk untuk sekedar beristirahat. Tapi jangan sampai dijadikan tempat yang tak senonoh. Bisa-bisa nanti dibongkar paksa oleh Pemkab karena geram. Jadi tidak ada wahana edukasi sekaligus rekreasi lagi.