LINGKARMALANG – Kampung ini bisa dikatakan sebagai mbahnya kampung tematik di Kota Malang. Jauh bertahun–tahun yang lalu sebelum kampung tematik digencarkan oleh pemerintah Kota Malang. Kampung ini telah mengusung tema kampung gerabah atau kampung keramik, yang berlokasi di Dinoyo. Tepatnya kampung keramik Dinoyo ini sudah berdiri sejak tahun 1957.

Keramik yang dicetak oleh kampung inipun memiliki corak dan keunikan tersendiri. Motif yang dipilih kebanyakan berupa bunga dengan warna yang kalem. Namun membaca perkembangan jaman tak jarang para warga kampung ini membuat inovasi seperti membuat keramik-keramik kecil berbentuk tokoh-tokoh superhero yang lagi nge-trend disiarkan di TV ataupun bioskop.

Seperti kampung-kampung lainnya, kampung keramik Dinoyo ini beberapa kali juga membuat festival. Festival yang diusung cukup unik. Tidak hanya menampilkan pameran berbagai karya jenis keramik seperti vas bunga, gelas, ataupun karakter-karakter, di festival ini para pengunjung juga diajak untuk belajar membuat keramik mulai dari proses pembentukan keramik hingga pada proses pembakaran. Tujuannya adalah agar warga Malang dan pengunjung bisa tahu proses pembuatan keramik mulai dari nol hingga menjadi keramik yang cantik. Di festival ini pengunjung yang ingin hadir juga tidak ditarik biaya alias gratis. Namun sayangnya beberapa tahun terakhir ini festival keramik ini jarang terdengar kabarnya entah apa sebab musababnya.

Sebenarnya kampung ini juga bisa diajadikan sebagai pusat oleh-oleh Kota Malang, mengingat corak dan warna yang ditawarkan sangat khas. Namun hingga saat ini rasanya masih jarang tour dan travel yang sengaja berkunjung ke kampung ini untuk sekedar memperkenalkan usaha mandiri keramik milik warga Dinoyo ini. Semoga bapak dan ibu yang bekerja di pemerintah Kota malang kedepan mempunyai program untuk mengangkat produk keramik Dinoyo ini kedalam program tersendiri, sehingga bisa dijadikan jujukan para pelancong yang singgah ke Malang dan menjadi oleh-oleh alteratif selain keripik tempe dan keripik buah. (Kartiko.P)