Lingkarmalang.com, Pantai Mrutu – Gugusan pantai malang selatan tak berhenti di sepanjang jalur lintas selatan saja. Namun mulai menjorok pada kecamatan-kecamatan pesisir lain, seperti pada kecamatan Donomulyo. Salah satu pantai yang ada di Donomulyo yaitu Pantai Mrutu. Terletak di Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang.

Tak sama dengan pantai yang berada di dekat jalur lintas selatan, di pantai yang berada jauh dari JLS ini akses menuju lokasinya tak semulus jajaran pantai yang menghiasi JLS. Ya memang beraspal tapi masih ada beberapa aspal rusak. Dan akses jalannya berkelok-kelok seperti pantai Balekambang di saat belum di tembus jalur lintas selatan.

Tapi ada pengecualian untuk Pantai Mrutu, pasalnya pantai satu ini berada tak jauh dari pusat Kecamatan Donomulyo. Jadi tak separah pantai-pantai lain yang ada di Donomulyo. Minimal aksesnya lebih mudah dan tak terlalu parah.

Asal usul penamaan Mrutu sendiri berawal dari hewan pengganggu yang ada di pantai ini. Hewan sejenis serangga kecil tersebut lumrah disebut Mrutu oleh masyarakat sekitar. Jika menyengat di anggota tubuh akan terasa sangat gatal, seperti setelah di gigit nyamuk atau serangga lain.

Tapi di sisi lain pantai ini sangat pas rasanya jika dikunjungi Nawak-Nawak Lingkar Malang yang senang berendam di pantai. Karena di sini selain lokasi pantainya kecil ombaknya pun juga kecil. Karena di tengah laut ada pemecah ombak alami dari batu karang.

Meskipun tergolong baru pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas lumrah untuk destinasi satu ini. seperti musholah, warung makan dan kamar mandi yang layak sudah terpampang jelas di sini. Namun tidak buka 24 jam, jadi jika anda berniat untuk camping sangat disarankan untuk membawa logistik dan keperluan kamar mandi outdoor. Untuk memperoleh kesemuanya pengunjung hanya dikenakan tiket masuk seharga 5.000 rupiah. Sangat murah rasanya untuk menikmati pantai mungil berombak kecil yang jarang ditemui di Malang Selatan.