Lingkarmalang.com, Malang Raya – Sepertinya Kabupaten Malang tahun ini mulai serius untuk berbenah di sektor pariwisata. Hal ini dibuktikan dengan diresmikannya sebuah tagline bertajuk “The Heart Of East Java” atau yang Bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai Jantungnya Jawa Timur. Tagline ini mulai digembor – gemborkan ke khalayak umum hingga ke kancah nasional, yang dibuktikan dengan pemasangan banner ataupun papan nama yang menyertakan “The Heart Of East Java” di berbagai tempat wisata di Kabupaten Malang.  sudah selayaknya memang kabupaten yang dikepalai oleh Rendra Kresna ini mulai mengangkat sektor wisata, karena secara potensi bisa dikatakan Kabupaten Malang mempunyai sumber daya yang paripurna.

Wisata Alam yang Mempesona

Pantai masih didapuk sebagai sektor pariwisata andalan Kabupaten Malang, bukan hanya satu atau dua pantai melainkan kita bisa menemui sederetan pantai di Malang Selatan yang mempunyai keunikan panoramanya masing – masing. selain pantai ada pula wisata yang namanya sudah lama berkecimpung di kancah internasional yaitu Gunung Bromo dengan kawahnya yang tak lelah mengundang wisatawan.

Sejarah Yang Kuat

Kerajaan besar bernama Singosari yang pernah menancapkan kekuasaanya di Kabupaten ini tak ayal meninggalkan berbagai kenangan fisik bernama candi dan situs-situs. Mulai dari Candi Singosari yang kondang namanya, Candi Jago yang unik bentuknya , Candi Kidal yang terkenal dengan garudanya hingga Candi Sumberawan sebagai satu-satunya Candi Budha, semua bisa ditemui di Kabupaten Malang .

Seni dan Budaya yang Tak Luntur

Arus kemajuan teknologi tak lantas menghapus seni dan budaya, inilah fenomena yang bisa kita temui di Kabupaten Malang. di Kabupaten Malang berbagai pagelaran Jaranan hingga Bantengan masih kerap digelar. Hal ini dikarenakan warganya yang masih menjunjung tinggi kebudayaan daerah dengan tetap menjaga berbagai padepokan budaya yang ada seperti salah satunya Padepokan Topeng Malangan yang terkenal itu.

Kabupaten menyatakan dirinya sebagai jantungnya Jawa timur memang tak salah, Karena di kabupaten Malang pula bisa kita lihat geliat pariwisata yang selalu berdegub kencang. Seperti layaknya jantung yang tak lelah memproduksi darah, semoga kedepannya Kabupaten Malang tak lelah pula memberikan produksi pariwisata baru yang inovatif dan mempunyai keunikan. (kartiko)