Lingkarmalang.com, Coban Sari Jabung – Air terjun di Malang rasanya masih banyak yang belum ter-eksplor, pasalnya beberapa air terjun terletak masuk jauh dari kota. Selain jarak yang sangat jauh, akses yang dimiliki pun juga sangat terbatas. Beberapa air terjun masih diwarnai dengan jalan non aspal. Hal tersebut tak dapat dipungkiri membuat pengunjung enggan untuk ke sana.

Salah satu air terjun yang masih belum ramai dikunjungi adalah Coban Sari. Coban yang terletak di Desa Pandansari lor Kecamatan Jabung Kabupaten Malang ini sangat asri. Karena memang masih belum banyak pengunjung yang ke sana, sehingga tidak banyak hal yang rusak. Contohnya, masih minimnya sampah berserakan, masih terjaga keasliannya, dan masih banyak tetumbuhan yang menghiasi di samping anak sungai dari air terjun tersebut.

Panorama alamnya sangat kental di air terjun yang memiliki sebutan Coban Sarkam sebagai nama keduanya. Karena lokasinya yang jauh dari perumahan dan lebih menjorok ke dalam hutan. Pastilah volume oksigen yang masih bersih akan sangat melimpah. Selain itu suara gemericiknya air akan menambah keasyikan anda dalam refreshing.

Bila anda ingin menikmati sensasi berlibur seperti yang sudah disebut di atas sebaiknya siapkan fisik yang bugar. Karena ada hukum wajib menyusuri jalan setapak untuk menuju air terjun. Memang tidak teramat jauh, di perjalanan pun akan terhibur dengan pemandangan khas hutan. Dan jangan lupa membawa bekal perjalanan, karena wanawisata ini masih belum terkelola dengan baik, dikhawatirkan anda tidak akan menemukan warung makan untuk menjawab perut yang keroncongan.

Satu tips terakhir yaitu jangan lupa bertanya, karena untuk menuju air terjun ini masih minim petunjuk. Sebaiknya anda menanyakan letak coban bila menemui warga yang sedanf berkebun, atau dapat menanyakan lokasi desa Pandansari Lor. Jangan takut untuk mengeksplorasi tempat baru, karena bisa jadi anda akan menemukan pengalaman seru.