Lingkarmalang.com, Coban Manan – Malang masih memiliki beberapa tempat yang masih belum terjamah banyak manusia. Meskipun fasilitas yang akan didapat hanya seadanya, tapi tetaplah indah karena masih belum banyak sampah. Menjadi sangat tidak menyenangkan ketika kita berwisata, malah yang didapati berbagai sampah menghiasi wana wisata.

Salah satu tempat yang masih belum banyak terjamah manusia adalah Coban Manan. Berada di desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke sana diperlukan tenaga yang ekstra, karena track yang dilalui cukup untuk menguras tenaga. Bila anda dari kota Malang atau Batu dapat mengarah ke desa wisata Pujon Kidul. Setelah sampai di sana dapat menanyakan arah menuju Coban Manan atau Coban Pusung. Biasanya anda akan direkomendasikan untuk memarkir kendaraan di rumah warga sekitar. Karena memang sangat tidak memungkinkan membawa masuk kendaraan lebih dekat dengan coban.

Setelah memarkir kendaraan anda dapat melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki di jalan setapak. Patut diwaspadai akan tersesat jalan, karena sampai tulisan ini dibuat masih belum ada papan penunjuk jalan. Sebaiknya saat melewati ladang sayur bila menemui petani Nawak-Nawak Lingkar Malang menanyakan. Biasanya warga desa Pujon Kidul lebih familiar dengan air terjuan yang berada tidak jauh dengan rumah pak Manan. Mungkin karena hal ini warganet menyebutkan nama Coban Manan.

Tanda-tandanya anda sudah dekat dengan air terjun bila menemui Coban yang terletak di patahan. Jalan masuk menuju coban sangatlah sempit, sangat mirip seperti gang masuk yang hanya seukuran 4-5 meter. Jadi seakan anda diajak canyoning menyusuri pelipiran anak sungai dari air terjun tersebut. Sangat seru pastinya namun patut untuk berhati-hati, karena masih banyak ilalang yang tinggi dan pastinya masih banyak hewan liar. Hanya sampah saja yang tidak akan anda ketemukan di sini, seperti yang Lingkar Malang sebutkan di awal.