Malang memang tak ada habisnya akan wisata alamnya, selalu saja ada spot baru untuk dikunjungi. Salah satunya Coban Jidor ini, coban ini terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Jalan menuju Coban Jidor cukup mudah karena sudah terdapat papan penunjuk arah dan G-Maps ke coban ini. Tapi, saran dari kami tetap ikuti papan penunjuk arah atau tanya warga lokal, karena biasanya G-Maps itu nyasarin..hehe

Di Coban Jidor sudah terdapat tempat parkir, asiknya harga parkir udah include sama tiket masuk. Setelah dari parkiran, kita akan tracking turun menuju Coban Jidor. Jarak tracking yang tertera pada papan penunjuk arah di parkiran yaitu 500m, namun dari parkiran menurut kami sekitar +-1 km. Gausah takut capek baca kata ‘tracking’, karena aksesnya cukup mudah dan udah ada anak tangganya. Perjalanan menuju Coban Jidor ini kita disuguhi tanaman hias di sisi kiri dan kanan, namun sekitar +-500m dari parkiran, kita akan takjub melihat tebing di sisi kiri kita. Tebing ini terlihat megah karena ditumbuhi tanaman alami, dan dari tebing tersebut terlihat tetesan-tetesan air yang menetes dari tanaman tersebut. Di sisi kanannya terlihat luasnya vegetasi dan aliran sungai yang berasal dari coban jidor, sungguh mengagumkan… Oh iya, ada tempat buat view kaya rumah pohon gitu, tapi gaada rumahnya..hehe, pemandangan dari atas situ wuapik tapi masih rawan dan goyah tempat view-nya, ya semoga bisa dibenerin.

Sesampainya di Coban Jidor, jujur anda akan merasa biasa aja karena coban ini memiliki tinggi yang cukup rendah sekitar +- 7 m, namun yang menarik dari coban ini adalah aliran air jernih yang bergemericik mendamaikan suasana hati. Ditambah dengan suasana sekitar yang masih pure nature, tentrem lah pokonya, di sisi kanan Coban Jidor lagi dibangun taman kaya di Coban Jahe gitu juga. Oh ya jangan bingung kelaparan atau haus kalo ga bawa bekal, ada warung kok +-20m dari Coban Jidor. Asiknya di Coban Jidor, tumbuhan di sekitar air terjun ini keliatan ijo seger, air yang masih bening, dan banyak batu yang bisa dibuat duduk nyantai gitu.. Terbuaeq pokoe wes.. Saran saya sih kalo kesini tetep jaga keselamatan, dan tetep jaga kebersihan. Coban ini masih natural, dan sebaiknya juga alam yang ada bukan hanya kenikmatan kita aja, tapi orang lain dan anak cucu kita.. See you on another trip fellas..

 

Cerita dari IG : @arifrizky21