Lingkarmalang.com, Coban Dudo – Potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Malang seakan tak pernah habis untuk di eksplorasi. Dikarenakan luas area kabupaten yang terlampau luas. Bayangkan saja kabupaten ini seakan menjadi selimut dari kota Batu dan Malang. Hal tersebut yang menyebabkan kabupaten satu ini memiliki ragam wisata dari pantai sampai gunung. Salah satu wisata yang terkenal sejak dahulu yaitu Coban Rondo. Bagi anda yang ingin mengekplorasi tempat baru dapat mengunjungi Coban Dudo yang notabene merupakan tetangga dari Coban Rondo.

Jika di tilik dari segi penamaan Coban Dudo yang memiliki arti air terjun Duda dan bersebelahan dengan coban rondo yang memiliki arti arti terjun janda merupakan hal unik. Entah asal usul penamaan air terjun ini memang memiliki sangkut paut dengan mitos yang menyebabkan penamaan Coban Rondo atau tidak. Ada pula yang memberikan nama air terjun yang menjadi induk Coban Rondo ini dengan nama Coban Tengah. Hal tersebut disematkan karena letak Coban Dudo ini ada di tengah antara Coban Rondo dan Coban Manten.

Seperti layaknya di air terjun lain, nawak-nawak lingkar malang dapat menikmati pesona grojogan yang menghiasi air terjun Coban Dudo. Uniknya di coban ini memiliki ke khas an tersendiri di banding air terjun lain. Di pertengahan jalan setapak yang harus anda lalui ada tulisan yang wajib anda perhatikan. No Signal, No Worry, Feel The Nature In Harmony. Seakan para pengunjung di paksa untuk membebaskan diri mereka dari belenggu signal limited. Sangat keren jika anda dapat mengaplikasikan hal tersebut dalam wana wisata tersebut.

Pasalnya air terjun ini masih terletak di tengah belantara. Otomatis jika anda mengunjungi tempat ini pasti gawai anda akan kekurangan suplay signal. Maka dari itu jika anda tidak mempermasalahkan signal yang terbatas tersebut dan menikmati hijaunya hutan yang ada di sekitar coban akan membuat anda menikmati keindahan alam yang ada di sekitar coban. Tak hanya hal itu saja yang menjadikan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter terlihat berbeda. Dengan eksotiknya air terjun yang disajikan para pengunjung di paksa untuk menebusnya dengan melalui jalan offroad yang tak jarang berdebu. Sangat menantang rasanya jika anda memiliki jiwa petualang. (Nurohman)