Jika kita berbicara coban atau air terjun di Malang Raya pasti kita akan memusatkan pandangan ke daerah Batu. Namun kali ini saya mencoba untuk keluar dari air terjun yang berlokasi di Kota Batu, namun menggeser fokus ke Gunung Kawi. Ya Gunung Kawi yang biasanya hanya di kunjungi pesareannya saja kini mempunya coban atau air terjun. Bernama Coban Baung, coban yang baru di resmikan bupati Malang pada tahun 2015 merupakan objek wisata yang sangat baru yang di miliki malang. Dengan pesona keindahan yang lumrah dimiliki destinasi wisata perawan karena sangat minim sampah dan aksi corat coret vandalism menjadikan air terjun Coban Baung ini sangat wajib untuk di kunjungi.

Coban yang berlokasi di Dsn Gendogo Desa Balesari Kecamatan Ngajum ini memiliki akses yang cukup mudah jika di tempuh dengan kendaraan pribadi. jika anda hanya mengunjungi Coban Baung anda bisa lewat pasar Tumpangrejo di Desa Kebobang. Karna biasanya para wisatawan melewati jalan menuju pesarean yang menurut saya memiliki akses yang memutar maka saya sangat tidak menyarankan melewati jalan tersebut. Dari pasar Tumpangrejo anda bisa mengarahkan kendaraan bermotor anda terus ke atas melalui perkebunan kopi. Sampai pada perempatan Gendogo yang di pojokan perempatan tersebut ada pangkalan ojek anda bisa belok kiri.

Coban Baung Malang / Photo IG @dedisajaa

Jika anda berasal dari luar kota dan ingin camping di daerah sini juga ada camp area-nya, atau anda tidak membawa kendaraan pribadi juga bisa menuju ke Coban Baung dengan naik ankutan umum dari Kepanjen menuju arah pasar Tumpangrejo setelah itu ke Coban Baung anda bisa menaiki ojek yang mangkal di daerah pasar tersebut. Selain pasar ini menjadi pusat transportasi bagi anda yang ingin camping di Coban Baung di pasar ini juga bisa untuk memenuhi logistik untuk keperluan anda Camping.

Selain air terjun di sini juga ada pura yang bisa menjadi tempat ibadah anda yang beragama hindu. Jika anda berniat menuju pura tersebut sangat tidak di sarankan jika kondisi hujan. Karna jika kondisi hujan seluruh akses ke pura dan juga ke Coban Baung tanahnya akan licin. Tanah yang masih belum tersentuh pavingisasi menjadikan alasan hal tersebut. selain minimnya akses jalan di tempat wisata yang berlokasi di gunung yang sudah terkenal dengan pesareannya ini juga masih rawan longsor jadi jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata Coban Baung sangat tidak di sarankan pada waktu hujan.(P/Pungkas N)