Lingkarmalang.com, Petik Jambu Gunung Kawi – Akhir-akhir ini wisata pertanian yang biasa di sebut wisata agro mulai berkembang di Malang Raya ini. awalnya hanya beberapa wisata agro yang hanya terpusat di Kota Batu, produknya pun hanya produk unggulan yang berlabel Malang seperti Apel Malang dan Jeruk Keprok.  Tetapi semakin kesini rasanya tidak cukup hanya mengandalkan beberapa produk agro, akhirnya banyak perkembangan di Malang Raya. Seperti di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang ini. Awalnya wisata unggulan dari Kecamatan ini adalah wisata religi. Namun para pemangku kebijakan melakukan pengembangan dengan menghadirkan wisata pertanian Petik Jambu.

Secara administratif wisata petik jambu ini berada di Dusun Selotumpeng dan Pijiombo Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Mungkin para pemangku kebijakan di level dusun ini sudah geram untuk menawarkan opsi wisata lain setelah berwisata religi. Maka pada bulan Juli 2017 diresmikanlah Agro Wisata Petik Jambu Gunung Kawi. Lokasi petik jambu ini sangat dekat dengan wisata religi Gunung Kawi. Dari wisata religi lurus terus ke atas sampai ada papan petunjuk wisata petik jambu. Kurang lebih hanya berjarak 500 meter dari pesarean Gunung Kawi.

Aturan pemetikan di wisata agro ini anda bisa memetik dan memakan jambu sepuasnya tidak boleh di bawa pulang. Jika ingin membawa pulang harus membayar jambu-jambu yang sudah anda petik sesuai harga perkilogramnya. Selain memetik jambu disini juga ada beberapa spot yang disiapkan untuk anda yang hobi berfoto. Beberapa latar foto seperti rangkaian bunga berbentuk hati, perahu dan hiasan lain siap membuat foto anda lebih manis.

Fasilitas lain di tempat petik jambu ini juga sudah lengkap, seperti tempat istirahat yang terbuat dari bambu di sepanjang jalan menuju kebun juga sudah ada. Dikarenakan jalan menuju kebun petik jambu dari parkiran juga lumayan makanya di kiri kanan jalan yang wajib dilalui dengan jalan kaki ini disediakan kursi untuk sekedar beristirahat. Selain tempat istirahat adapula warung makan sederhana yang siap menjamu perut-perut yang keroncongan. Untuk masuk wisata petik jambu ini hanya di kenakan 10 ribu rupiah perkepala. Sangat murah rasanya untuk para pengunjung wisata religi Gunung Kawi yang ingin berburu oleh-oleh dengan cara  berbeda. ( Rohman)