LINGKARMALANG – Candi Singosari Malang merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di kota malang. Candi ini sendiri merupakan sebuah candi peninggalan bersejarah dari agama hindu jadi berbeda dengan beberapa candi budha lainnya karena candi hindu memiliki fitur yang berbeda dibandingkan candi budha, selain itu candi ini juga merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang langsung berasal dari masa pemerintahan kerajaan singasari di Indonesia sendiri.

candi singosari MALANG
Nah, tentunya banyak diantara sobat sekalian yang penasaran dengan apa saja yang ditawarkan oleh candi ini sebagai tempat wisata bukan, apabila iya maka berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

Mengenal Candi Singosari Malang

Candi Singosari malang sendiri terletak di Desa Candirenggo tepatnya di Kecamatan Singosari, yang berada di Malang provinsi Jawa timur di Indonesia tercinta kita ini. Yang membuat candi hindu ini menarik untuk dibahas adalah tentunya arstekturnya yang unik dimana pembuatannya berbeda dengan beberapa candi hindu biasanya.

Hal ini bisa dilihat dari arsitekturnya yang menggunakan metode menumpuk batu andhesit dari ketinggian dan yang selanjut dilanjutkan dengan ukiran ukiran untuk menghias candi. Teknik ukirannya sendiri bukan teknik ukiran sembarangan karena menggunakan teknik ukur yang dimulai dari atas candid an menurun ke bawah. Hal ini tentunya berbeda dengan teknik ukir yang biasanya dilakukan dimulai dari bawah menuju ke atas.

candi singosari MALANG malam hari
Struktur dan juga fungsi setiap bangunan candi sendiri cukup unik dimana terdapat sepasang arca besar dengan sebutan dwarapala di bagian barat laut candi itu sendiri. Yang cukup menarik adalah posisi arca raksasa besar ini hanya terdapat di wilayah singosari dimana tidak ada arca raksasa ini di candi yang lainnya.

Oleh karena itu candi ini diduga para ahli sejarah sebagai candi yang terletak khusus di pusat kerajaan singosari semasa kejayaannya dahulu kala. Selain itu di bagian timur juga terdapat gerbang candi yang memiliki gambar atau relief ganesha sebagai penjaganya. Berbagai macam tekstur dan juga relief atau ukiran serta patung bersejarah ini memang membuat Candi Singosari Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.