Reenactor Malang/ Doc. lingkarmalang

LINGKARMALANG – Kabar gembira bagi pencinta sejarah khususnya yang bermukim di Malang Raya.  Reenactor Malang, adalah wadah yang cocok buat penghuni Malang raya yang mencintai sejarah atau ingin mengenal sejarah lebih dalam khususnya sejarah pada jaman kolonial.

Komunitas yang sudah lahir sejak tahun 2007 ini, sebenarnya adalah afiliasi dari reenactor nasional yang berpusat di Jakarta. Fokus kegiatan dari komunitas ini adalah melakukan reka ulang sejarah dan peristiwa yang pernah terjadi khususnya pada jaman peperangan dan kolonial. Bukan hanya ingin sekedar menampilkan aksi teatrikal yang menarik, Reenactor Malang juga bermaksud memberikan keadaan yang sesuai dengan kondisi pada jaman tersebut baik itu dari jalan dan alur cerita, pakaian bahkan jenis senjata yang digunakan pada saat itu. Untuk itu dalam menyiapkan sebuah pertunjukkan reenactor Malang pun membutuhkan studi yang mendalam dalam mencari data-data yang menunjang ke peristiwa yang akan ditampilkan. Salah satunya adalah melakukan kunjungan langsung ke Museum Brawijaya untuk mencontoh bentuk senjata asli demi membuat replika senjata yang sempurna.

Reenactor Malang/ Doc. lingkarmalang

Anggota komunitas dari Reenactor Malang bisa dikatakan beragam, mulai dari pegawai kelurahan anggota TNI hingga masyarakat umum aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas ini. Kegiatan yang paling terkini dilakukan oleh Reenactor Malang adalah menjadi pengisi acara teatrikal kampung sejarah di Tawangsari kelurahan Sumbersari.

Reenactor Malang

Yang patut diacungi jempol adalah kebanyakan dari anggota komunitas Reenactor Malang adalah anak muda. Hal ini berarti menandakan bahwa anak muda Kota Malang ternyata masih peduli dengan sejarah dan segala peristiwa yang pernah dialami oleh Kota Malang yang tercinta ini.

Nah jadi buat sobat Lingkar Malang yang ingin gabung bareng temen-temen komunitas di atas, monggo  kepo in aja facebooknya dengan nama Reenactor Ngalam. (Kartikotiko)