LINGKARMALANG – Dalam jilid 1 sudah banyak dijelaskan tentang apa yang bisa didapat dengan berpergian ala koper, nah kini tiba saatnya tips berpergian murah ala ransel.

Tiba di Malang ala Ransel

Kereta masih menjadi sarana transportasi favorit bagi traveler ransel, harga yang ekonomis meski harus sedikit lebih lama menikmati perjalanan  menjadikan sarana kereta api tak pernah sepi akan penumpang. Ada 3 stasiun di Kota Malang yaitu stasiun Kota Lama, stasiun Kota Baru, dan stasiun Blimbing. Nah bila anda ingin berwisata di Kota Malang, Nawak Ngalam jangan lupa untuk turun di stasiun Kota Baru Malang.

Warna-warni hingga berkunjung ke Pelangi ala ransel

Setibanya di stasiun jangan lupa untuk mengisi perut yang keroncongan di seberang stasiun, tenang saja pujasera disini harganya cukup bersahabat kok. Setelah tenaga terisi kembali Nawak Ngalam bisa sedikit berjalan sejauh kurang lebih 500 meter untuk mengunjungi 2 kampung yang sedang hits di Kota Malang yaitu Kampung Warna-Warni dan Kampung 3d. setelah puas berfoto Nawak Ngalam harus mencari angkutan kota dengan huruf ABG dan tak lupa menanyakan “apakah angkutan ini akan berhenti di Arjosari?” kalau iya, silahkan naik dan nikmati perjalanan. Sesampainya di terminal Arjosari carilah angkot berwarna putih dengan huruf TA yang menuju Tumpang.  Setelah tiba di terminal angkot Tumpang usahakan untuk mencari tempat menginap terlebih dahulu, ada berbagai homestay di wilayah ini dengan harga yang beragam dari 150.000 hingga 500.000 per orang. Cara mencarinya gunakan fasilitas ojek setempat tanyakan dimana bisa mendapatkan homestay seperti yang anda inginkan. Bila telah menemukan homestay sesuai yang anda kehendaki tahan dulu ojek tersebut dan katakan anda akan mengunjungi Coban Pelangi Karena untuk mengunjungi air terjun ini tidak ada jalur angkutan umumnya.  Ingat jangan terlalu lelah karena perjalanan yang akan anda tempuh masih jauh.

Open trip bromo

Untuk menghemat budget, sebaiknya jauh-jauh hari cari informasi tentang open trip yang biasanya diadakan setiap weekend. Open trip yang dimaksud disini adalah wisatawan yang hendak ke Bromo digabungkan jadi satu jeep dengan tujuan sharing cost untuk sewa jeep sehingga harga yang dibayar lebih murah daripada menyewa 1 jeep sendirian. Biasanya harga yang dipatok oleh para  tour and travel berkisar 350-400 ribu. Untuk destinasinya sendiri meliputi pananjakan, kawah bromo, savanna dan pasir berbisik. Jangan lupa tawar harga bila anda start perjalananan dari daerah Tumpang Karena artinya Nawak Ngalam sudah memotong setengah perjalanan.

Kembali ke Malang

Biasanya trip Bromo open trip ini berakhir pada pukul 13.00-15.00, jadi persiapkan tiket kepulangan anda diatas jam tersebut. Biasanya peserta open trip juga bisa diantar hingga ke stasiun jadi tak perlu mencari angkutan umum kembali. Bila waktu masih panjang Nawak Ngalam bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh Sanan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun Kota Baru.

Berikut adalah ulasan tentang koper vs ransel versi Lingkar Malang, anda termasuk yang mana? Itu pilihan anda sendiri, selamat mencoba..

Penulis : Kartiko .P