Lingkarmalang.com, Sumber Maron – Kota Malang memang memiliki keindahan alam yang tiada duanya, banyak potensi wisata alam yang patut untuk terus dikembangkan di wilayah ini. dengan kondisi alam yang memungkinkan untuk dijadikan objek wisata, tak heran jika di sekitar Malang banyak terdapat objek wisata alam baru yang bagus tentunya. Salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi adalah pemandian alam sumber maron. Pemandian alam ini terbilang cukup unik karena kondisi airnya yang begitu jernih dan adanya air terjun berukuran kecil didalamnya.

Setiap harinya lokasi wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama hari libur dan musim liburan. Objek wisata Malang pemandian alam sumber maron berlokasi di dusun adiluwih, desa karangsuko, kecamatan pagelaran, Gondang legi, Kepanjan, Malang, jawa timur.

Asal Muasal Pemandian Alam Sumber Maron

Dulunya sumber maron bukanlah sebuah tempat untuk berwisata, namun tempat tersebut sering digunakan oleh para penduduk sekitar untuk bercocok tanam sayuran. Namun seiring berjalannya waktu masyarakat sekitar memutuskan untuk membuat lokasi tersebut sebagai tempat wisata alam. Di sumber maron terdapat sebuah air terjun mini atau sering disebut dengan grojogan sewu, ketinggian air terjun tersebut kurang lebih sekitar 6 meteran dengan tingkat kemiringan sekitar 60 derajat.

Dengan debit air yang lumayan banyak dan cukup deras maka penduduk lokal menamainya sebagai grojogan sewu. Lokasi wisata ini tak hanya dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi yang menyenangkan namun juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa atau pelajar. Karena di tempat wisata ini terdapat pembangkit listrik tenaga mikro yang notabene digunakan oleh masyarakat untuk mengalirkan air kerumah warga, tenaga listrik tenaga mikro nyatanya banyak membantu warga dalam mencukupi kebutuhan air sehari-hari.

Bagi anda yang menyukai tantangan bisa mencoba river tubing  dan flying fox yang telah disediakan diarea permainan sumber maron. Setelah puas bermain diwahana permainan air, anda bisa mencoba terapi ikan untuk menghilangkan sedikit kelelahan yang mendera. Untuk dapat menikmati keseruan di pemandian alam sumber maron anda akan dikenai tiket sebesar Rp. 2000 saja, tiket tersebut telah termasuk ongkos untuk masuk objek wisata dan biaya parkir.