Pemandian Kendedes merupakan salah satu keputren yang masih tetap eksis sampai sekarang. Keputren merupakan tempat khusus yang hanya boleh di masuki oleh putri raja beserta dayangnya. Kebanyakan kerajaan hanya memiliki beberapa keputren, dan keputren tersebut berbentuk kolam renang atau pemandian untuk bersuci atau sekedar bermain-main air. Maka dari itu hanya putri raja dan dayangnya saja yang boleh memasuki area tersebut.

Pemandian Kendedes yang terletak di Jl. Kendedes Desa Candi Renggo Kecamatan Singosari ini penuh dengan legenda yang cukup terkenal. Konon selain untuk kaputren kolam renang Kendedes ini juga menjadi tempat pertemuan antara Ken Arok dan Kendedes. Sehingga Ken Arok menaruh hati kepada Kendedes yang notabene masih menjadi istri raja Tunggul Ametung. Dahulu ada yang menyebut tempat ini dengan sebutan petirtaan, yang berarti tempat untuk mensucikan diri dan melakukan persembahan layaknya ritual agama Hindu. Nama kerennya di 1000 tahun silam yaitu Petirtaan Watu Gede.

Sumber Instagram (@lenipuspasari20)
Sumber Instagram (@lenipuspasari20)

Seperti halnya tempat bersejarah lainnya di pemandian ini juga ada tempat ritual untuk umat Hindu. Karna pada waktu itu masih sangat eksisnya agama hindu di kerajaan Singosari. Tempat ritual tersebut berupa palinggih. Palinggih ini adalah tempat menaruh sesaji untuk para dewa. Entah memang diniatkan di bangun di samping pohon besar atau memang kebetulan. Di samping palinggih tersebut ada sebuah pohon besar, pohon besar tersebut diyakini masyarakat sudah tumbuh bersamaan dengan dibangunnya petirtaan atau pemandian tersebut. Sebagian masyarakat menyebutnya dengan sebutan pohon “Elo”.

Sumber Instagram (@indah_ilma)
Sumber Instagram (@indah_ilma)

Tak hanya kolam berbentuk tradisional yang ada berbagai arca berbentuk pancuran kepala kera yang menghiasi pinggiran kolam. Di pemandian Kendedes ini juga ada kolam renangnya. Pemandian Kendedes sendiri memiliki 3 kolam renang. Kolam renang dewasa, kolam renang anak dan kolam renang kecil seperti halnya water park mini yang di lengkapi dengan seluncuran. Selain tempat bermain yang identik dengan istilah air pemandian ini juga memiliki berbagai wahana permainan. Seperti jungkat jungkit, ayunan dan lain sebagainya.

Selain itu tempat pemandian Kendedes ini juga di lengkapi dengan bukit kecil yang dapat di jadikan tempat piknik untuk keluarga. Biasanya ada keluarga yang berpiknik dengan membawa bekal dari rumah atau membeli di tempat wisata. Jika anda termasuk tipe keluarga yang memeli makanan di tempat piknik. jangan khawatir di pemandian Kendedes ini banyak kita jumpai penjual makanan untuk teman piknik anda yang berada di kompleks kolam renang.

Lengkapnya pemandian Kendedes tersebut dapat memberikan nilai edukasi pada liburan wisata anda. Untuk menikmati semua itu anda hanya cukup membayar tiket masuk seharga Rp.6.000, sangat murah untuk sebuah tempat yang memiliki nilai sejarah namun dikemas rapi dan modern. Akses menuju pemandian kendedes ini hanya berjarak kurang lebih 1 Km dari candi singosari.