LINGKARMALANG – Otak adalah salah  satu elemen terpenting dalam diri manusia, banyak hal negatif yang terjadi diakibatkan Karena rasa stres yang menyerang. Sebenarnya ada banyak cara untuk merefresh otak, salah satu caranya adalah menekuni hobi yang digemari. Ragam hobi sendiri ada banyak sekali yang bila didaftar satu persatu pastinya tidak akan selesai dalam satu hari. Karena begitu banyaknya jurusan hobi, maka timbulah kecenderungan para penggila hobi ini untuk berkumpul dan mencari teman yang mempunyai kesamaan selera. Di Malang saja tak terhitung banyaknya komunitas hobi mulai dari otomotif, olahraga, seni hingga pada kolektor barang.

Beberapa waktu yang lalu tim Lingkar Malang menyambangi salah satu komunitas hobi yang cukup unik. Mereka semua adalah para kolektor, namun yang dikoleksi bukan barang seperti pada umumnya. Bila yang dikoleksi adalah miniatur mobil, piringan hitam, atau berupa macam pernak-pernik merchandise band idola   itu mungkin sudah biasa. Hal yang berbeda disini adalah para anggotanya mempunyai minat yang sama terhadap jersey sepak bola.


Komunitas yang rutin mengadakan gathering sambil bermain futsal ini bernama Komunitas Jersey Malang. Syarat yang ditawarkan untuk menjadi komunitas ini hanya satu yaitu senang mengkoleksi dan memburu jersey klub-klub sepak bola baik itu dalam maupun luar negeri.


Walau tak mematok jersey yang dimiliki harus kualitas original ataupun bekas pemain, namun ternyata para anggota komunitas ini memiliki cerita yang unik dalam memburu jersey idamannya.  “ ayas oleh jersey arema iki tekan tukang parkir sam, begitu aku liat jersey ini bekas pemain langsung tak cideki terus tak ijoli jaketku” aku salah satu anggota komunitas dalam upanya memperoleh jersey yang diinginkan. “lek trik ku nang jok sepeda mesti tak sediani baju atau jersey, dadi begitu di jalan ketemu karo jersey sing tak karep langsung tak cideki terus tak nego oleh tak ijoli opo ga jersey ne” sebut anggota yang lain memaparkan tipsnya mendapatkan jersey idolanya dengan murah meriah.


Selain bisa berbagi tentang cara mendapatkan jersey dengan murah, di komunitas ini para anggotanya juga saling sharing tentang bagaimana cara merawat jersey agar sablon, atau bordir tidak lepas dan tetap gagah terpasang walau sudah dimakan usia. Jadi Nawak Ngalam yang suka sepak bola dan suka koleksi jersey ayo gabung aja sama Komunitas Jersey Malang. (Prasetyo.K)