LINGKARMALANG – Siapa tak kenal franchise ayam goreng terkenal yang bisnisnya menggurita di seluruh dunia, ayam goreng tepung dengan diberikan tambahan saos sambal dan saos tomat. Di mall, outlet tepi jalan, dimanapun sangat gampang menemukan ayam goreng ini, namun siapa sangka kalau Kota Malang justru memiliki banyak varian ayam goreng. Meskipun hanya warung kecil di pinggir jalan, rasa ayam goreng yang ditawarkan juara, ditambah sambal ulek yang sangat menggugah selera.

Berbeda dengan ayam goreng franchise taraf internasional berlambang pak tua maupun berlogo huruf M. dimana tidak ada variasi sayuran lain kecuali sup, di Kota Malang  ayam goreng yang disuguhkan komplit dengan sajian sayur yang bernama lalapan.

Bahkan beberapa warung makan menawarkan sajian yang berbeda, salah satunya dengan memberikan pilihan sambal bagi para penikmat ayam, selain disediakan sambal tomat terasi, juga diberikan sambal ijo yang sangat menggoyang lidah. Jenis sayuran lalapan yang disediakan juga bermacam-macam, mulai dari kubis, kacang panjang, kemangi, mentimun, hingga selada. Tentu saja dengan tambahan sayur lalapan ini, menjadikan makan semakin nikmat. Beberapa warungpun menyediakan ayam goreng laos, sensasi laos yang kriuk menambah rasa ayam menjadi lezat.

Tak hanya dada, paha, maupun sayap, Bagian  yang kadang dianggap sebagai sampah oleh beberapa chef gaek  ternyata juga bisa disulap menjadi makanan yang nikmat oleh para pelaku  kuliner di Kota Malang. Tercatat ada beberapa warung di daerah Jalan Soekarno Hatta,Glintung dan jalan Semeru yang mampu menggubah kaki ayam(ceker) menjadi sajian yang lezat.

Bumbu olahan rempah berupa kuah kental serta ceker ayam yang empuk menjadi sensasi nikmat untuk dicoba. Bagi pecinta pedas, ceker di Malang menjadi pilihan yang cocok untuk menjajal keberanian lidah Nawak Ngalam

Terbukti sebenarnya berbagai olahan Kuliner ayam di Kota Malang tak kalah lezat dengan restoran yang cabangnya sudah mendunia. Tak hanya melulu ayam dengan balutan tepung, rempah serta berbagai bumbu rahasia dapur rumahan saling bersaing menyajikan sajian ayam dengan harga yang sangat bersahabat  (Kartiko.P)