Lingkarmalang.com, Ki Ageng Gribig – Sejarah malang rasanya ada yang kurang jika tidak menyebut nama besar seorang pembesar yang sudah mem-babat alas. Nawak-Nawak Lingkar Malang pasti sudah tidak asing dengan nama besar Ki Ageng Gribig. Beberapa warga Malang sebetulnya sudah kenal dengan salah satu sesepuh ini. Entah hanya tahu karena namanya sudah di jadikan nama jalan di sekitar Sawojajar atau hanya mengetahui sekilas dari perbincangan sembari ngopi.

Nah untuk itu kali ini Lingkar Malang akan membahas asal usul siapakah Ki Ageng Gribig ini. Sebetulnya sesepuh Malang satu ini merupakan keturunan dari para pembesar islam yang bernama Sunan Giri. Jika disusun secara garis darah Ki Ageng Gribig ini merupakan keturunan ketiga dari anggota wali songo tersebut. Maka dapat dipastikan Ki Ageng Gribig merupakan warga kerajaan Giri Kedhaton yang berkelana. Mungkin karena hobi traveling tersebut beliau tiba di Malang dan menetap disana.

Ada sebuah riwayat juga yang menyebutkan bahwa traveler satu ini juga sempat berguru ke Sunan Kalijaga. Entah pada saat masa pengembaraan tersebut atau sebelum masa pengembaraan. Ada pula versi cerita lain yang menyebutkan sebetulnya kedatangan beliau ke Malang karena adanya kemenangan Giri Kedhaton atas serangan Kerajaan Sengguruh. Sehingga beberapa ulama’ Giri Kedhaton sengaja didatangkan untuk memberikan pemahaman keislaman ke beberapa warga yang awalnya menganut agama Hindu-Budha. Dan akhirnya Ki Ageng Gribig berhasil memberikan edukasi dan menyebarkan agama islam di tanah Gribig.

Nama Gribig pun disematkan karena Pangeran Kedhanyang (merupakan nama asli beliau) memilih untuk babat alas di daerah Gribig. Maka dari itu dapat di pastikan sesepuh yang masih merupakan kakek buyut pendiri Muhammadiyah ini namanya berasal dari daerah Malang yang dahulu dikenal dengan nama Gribig. Bagi Nawak Lingkar Malang yang ingin berziarah ke makamnya dapat menuju Masjid Ki Ageng Gribig yang ada di Jalan Ki Ageng Gribig. Selain makam Ki Ageng Gribig di samping masjid tersebut juga ada makam bupati ke 3 Malang dan beberapa sanaj keluarga beliau. Mungkin di tulisan selanjutnya akan kita bahas. Agar Nawak Lingkar Malang tahu dan kenal beberapa leluhur Malang.