LINGKARMALANG – Perkembangan transportasi di Malang Raya semakin pesat. Mulai dari perkembangan transportasi yang dibumbui dengan inovasi teknologi sampai  yang dibumbui dengan kreatifitas. Salah satu perkembangan transportasi di Malang yang kaya akan kreatifitas yaitu Odong-Odong yang akhir-akhir ini sangat ramai di sekitar area Alun-Alun Merdeka. Entah nama moda yang digunakan sebagai angkutan wiata ini memang benar Odong-Odong atau bukan. Tapi sebagian warga dan sang sopir moda ini menyebut nama moda ini dengan Odong-Odong.

Moda yang berbentuk seperti kereta kencana kerajaan dan berhiaskan kemerlap lampu serta alunan musik dangdut tersebut sangat lari oleh pengunjung Alun-Alun Merdeka. Rute yang diletipun tak pasti sesuai keinginan sopir Odong-Odong atau hasil permintaan sang penumpang. Bentuk hiasannya pun seperti yang saya bilang diatas sangat kreatif, ada yang berbentuk singa terbang dengan menarik kereta kencana, atau bentuk-bentuk lain yang merupakan buah dari kreatifitas sang pembuat. Sebetulnya odong-odong ini merupakan kendaraan roda 3 yang berbentuk kendaraan bak terbuka. Dengan sedikit modifikasi dan hiasan yang disemburkan oleh pembuatnya maka jadilah Odong-Odong ini.

Dengan tempat duduk bertingkat membuat alat angkut wisata ini sangat sayang jika anda lewatkan. Sedikit tips untuk para wisatawan Alun-Alun Merdeka yang ingin menjelaskan tentang gedung-gedung kuno di sekitar Alun-Alun Merdeka kepada putra-putrinya, rasanya sangat menarik jika anda memberikan pelajaran dengan menaiki odong-odong ini. Seakan menjadi properti menarik untuk menjelaskan tentang Kota Malang kepada sang buah hati. Selain itu anda dan keluarga juga tidak usah berjalan jauh melintasi jalan-jalan kuno di area Alun-Alun Merdeka. Hal ini dapat anda coba jikalau anda ingin memberikan liburan yang antimainstream kepada keluarga Nawak-Nawak Lingkar Malang. (Pungkas.P)