Lingkarmalang.com, Gubuk Baca – Sebuah pergerakan sosial di tengah kota yang dikerumuni oleh universitas universitas terkemuka di negeri ini sepertinya sudah biasa. Karena memang sudah tugas dari mahasiswa untuk membawa perubahan terhadap struktur sosial untuk menjadi lebih baik. Namun bicara tentang sebuah pergerakan sosial yang digawangi oleh warga lokal di sebuah kecamatan kecil jauh dari hingar bingar riuhnya kota, bernama kecamatan Jabung sepertinya adalah salah satu hal yang luar biasa.

Nama sebuah pergerakan ini adalah Gubug Baca Lentera Negeri, bicara tentang sebuah gubug baca ataupun kegiatan literasi, mungkin sudah banyak kita temui di Kota Malang. uniknya,  Gubug Baca dari sudut desa di jabung ini mempunyai sebuah platform yang cukup menarik untuk dibahas dan diskusikan.

Selain menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan belajar bersama tentang literasi, Gubug Baca Lentera Negeri mempunyai misi untuk mengangkat budaya, potensi, dan keunikan desa setempat. Contohnya seperti bagaimana Gubug baca Lentera Negeri mengangkat kembali permainan Egrang sebagai permaian anak-anak, atau karinding dan alat musik dari bambu diperkenalkan ke masyarakat luas sebagai alternatif musik yang cukup hangat membuai telinga pendengarnya.

Walau belum sempat diapresiasi secara luas oleh media  nasional tentang segala rekam jejak dan prestasinya dalam membangun potensi masyarakat desa. Gubug Baca Lentera Negeri yang telah menyebarkan virus pergerakannya di kurang lebih 12 desa di sekitar wilayah Jabung ini, patut diacungi jempol dan sangat layak dijadikan percontohan bagi desa maupun kecamatan yang ingin membangun wilayahnya terutama di segi Pendidikan, budaya, dan seni rakyat

Akhir kata dengan sedikit nada sumir, redaksi Lingkar Malang ingin menantang pemuda-pemudi desa di seluruh wilayah Malang Raya untuk mencontoh apa yang pemuda dan pemudi Jabung ini lakukan, percayalah menjadi pemuda yang eksis bukan diukur dari berapa banyak Mall dan café yang kamu datangi tapi dengan berkreasi dan bergerak untuk bermanfaat bagi orang lain.  (Kartiko)