LINGKARMALANG – Pada umumnya di negara Indonesia, Kota yang semakin maju akan semakin minim dengan ruang publik. Hal ini dikarenakan banyak lahan atau tanah  yang lebih diperuntukkan sebagai lahan industri atau lahan perumahan dibanding digunakan sebagai Public area seperti taman atau sarana dan prasarana lainnya.

Namun, suatu terobosan yang menarik dilakukan di Kota Malang. Kota yang mempunyai populasi kurang lebih 888.000 penduduk ini, sedang hot-hot nya menata, merombak dan merenovasi berbagai ruang publik di Kota Malang. Kesan taman yang dulunya membosankan kini telah disulap menjadi ruang yang sanggat nyaman untuk dikunjungi baik itu sebagai sarana bermain ataupun hanya untuk sekedar bersantai.

Adapun beberapa taman yang telah diinventarisir tim LingkarMalang.com sebagai ruang publik dengan warna baru adalah sebagai berikut ::

  • Alun – alun Merdeka

Alun-alun ini bisa dikatakan berubah drastis, kini alun-alun merdekka mempunyai berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. Misalnya jogging track, air terjun menari , bike track, dan beberapa tempat yang cocok untuk digunakan sebagai spot foto selfie. Tidak jarang alun-alun merdeka ini digunakan sebagai sarana berkumpul setiap akhir pekan

alun-alun-kota-malang-alun-alun-merdeka-malang

  • Taman Merbabu

Sebelumnya taman ini hanyalah lapangan biasa, namun kini telah disulap menjadi arena bermain anak-anak dan juga tempat berolah raga, di taman ini juga ada lapangan futsal mini nya lho.

taman-merbabu-malang-kota-malang

  • Taman Kunang-kunang

Taman di daerah jalan jakkarta ini cukup unik. Seperti namanya kunang-kunang lampu di taman ini selalu mati dan menyala secara bergantian. Taman ini juga sering digunakan untuk pagelaran mini.

taman kunang kunang kota malang
taman kunang kunang kota malang
  • Taman Cerdas Trunojoyo

Lokasi Taman ini tepat di depan stasiun kota Baru, disebut taman cerdas karena disini banyak fasilitas bermain dan belajar untuk anak-anak. Dengan koneksi wi-fi  taman ini juga cocok untuk sekedar bersantai  sembari menunggu kereta datang.

taman-cerdas-trunojoyo-stasiun-kota-malang-malang

  • Taman Singha

Taman ini terbilang cukup lengkap, fasilitas taman singha mencakup kebutuhan anak-anak hingga orang tua. Sementara anak-anak dimanjakan dengan kolam pasir yang cukup lebar, para orang tua bisa bersantai di gazebo maupun food therapy dengan berjalan di batu-batu kerikil kecil. Ke depan di taman ini juga akan beroperasi sepeda angin.

taman-singha-taman-merjosari-kota-malang

  • Taman Slamet

Taman ini mendadak jadi nge hitz setelah perombakan selesai. Di taman ini kita bisa berfoto-foto dengan puas, ataupun sekedar olah raga kecil-kecilan sambil cuci mata. Beberaapa alat fitness tersedia untuk dipakai secara bebas.

taman slamet kota malang 3
taman slamet kota malang

Di Kota Malang berwisata tidak perlu naik gunung atau pergi ke pantai. Hanya cukup dengan mengajak keluarga dan orang terdekat pergi ke Taman untuk bersantai di akhir pekan, itu sudah cukup.